Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 29 Agustus 2010

Konsultasi Kesehatan 29 Agustus 2010

Pertanyaan:
gigi saya gampang goyang dan akhirnya tanggal ada obatnya gak??? trus kalau dah goyang gimana cara mengukuhkan nya kembali agar tidak tanggal.
terimakasih

Rukmin, 44 tahun, Bandung.


Jawaban:

Gigi yang goyang dan akhirnya tanggal merupakan akibat dari proses peradangan dari jaringan penyokong gigi atau biasa disebut jaringan periodontal.

Penyebabnya adalah bakteri plak. Apabila plak tidak dibersihkan dengan menyikat gigi yang benar, dia tidak hanya menyebabkan gigi berlubang, tapi juga dapat mengakibatkan gusi dan jaringan periodontal yang lebih dalam mengalami peradangan yang akan menimbulkan kerusakan pada jaringan tersebut.
Jaringan periodontal yang telah mengalami kerusakan akan mengakibatkan gigi menjadi goyang karena jaringan ini tidak lagi dapat menyokong gigi dengan baik.

Kondisi ini dapat diatasi dengan cara menjaga kebersihan mulut rutin setiap hari, salah satunya dengan menyikat gigi yang benar. Ditambah dengan melakukan perawatan skeling atau pembersihan karang gigi di dokter gigi. Karang gigi ini merupakan plak yang mengeras, dimana permukaannya yang kasar akan mempermudah timbunan plak lainnya yang akan memperparah kondisi peradangan.

Apabila kondisi kerusakan periodontal sudah cukup parah dan gigi sangat goyang, terkadang diperlukan perawatan cangkok tulang untuk menambah massa tulang pendukung gigi.


Note: Pertanyaan Anda yang tidak kami tampilkan disini akan dibalas langsung melalui email.


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.

 
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama