Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 29 Agustus 2010

Beras Hitam, Dapatkah Menjadi Trend Kesehatan Baru?

beras hitam black rice
Menurut legenda Cina, beras hitam merupakan makanan yang langka, sangat lezat dan bernutrisi dimana hanya kalangan penguasa yang diperbolehkan untuk menikmatinya. Ya, zaman sudah berubah. Namun, sayangnya beras hitam masih merupakan makanan yang langka. Peneliti berharap dengan mengenalkan manfaat kesehatan dari beras hitam, petani dapat mulai mengembangkan produksi bahan pangan ini.


Beras hitam memiliki antioksidan yang cukup tinggi pada bagian kulit arinya. Namun, jika dibandingkan dengan beras cokelat yang juga memiliki antioksidan tinggi, beras hitam yang memiliki antioksidan yang disebut anthocyanins. Anthocyanins yang merupakan pigmen pemberi warna ungu kemerahan ini sebenarnya juga dapat ditemukan di dalam blueberry dan anggur. Hanya saja mungkin kelebihan beras hitam dibandingkan dengan blueberry adalah beras hitam memiliki kadar gula yang lebih sedikit.

Anthocyanins dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker, meningkatkan daya ingat, dan berbagai manfaat kesehatan lainnya. Antioksidan ini merupakan antioksidan yang bersifat larut dalam air. Sehingga, dia dapat mencapai bagian-bagian tubuh yang tidak dapat dijangkau oleh antioksidan yang bersifat larut lemak.
beras hitam black rice

Seperti apa rasanya? Ada yang mengatakan beras hitam awalnya memberikan rasa seperti kacang, lalu ada sedikit sentuhan rasa buah pada akhirnya. Namun, karena proses pengolahannya yang lebih singkat, beras ini terasa lebih kasar dan sulit dikunyah bahkan jika dibandingkan dengan beras cokelat. Namun, saat ini peneliti sudah mulai mengembangkan suatu proses untuk membuat agar beras ini terasa lebih lembut dan tidak terlalu kasar.


Source: Health.com


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama