Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 06 Juli 2010

Revolusi Perawatan Endodontik Untuk Membuat Gigi Tetap Vital

endodontic
Tiap tahunnya perawatan endodontik atau perawatan saluran akar gigi telah menyelamatkan gigi jutaan orang dari pencabutan gigi. Namun, biasanya gigi akan ditinggalkan dalam keadaan non-vital di dalam rongga mulut. Kini peneliti dari Prancis telah menemukan cara agar gigi tersebut dapat tetap vital.

Dalam perawatan endodontik, dokter gigi akan membuang jaringan pulpa yang sakit dan meradang. Karena biasanya jaringan pulpa gigi yang telah sakit ini tidak akan dapat kembali sehat seperti semula dan cenderung untuk menjadi mati atau non-vital.

Kini melalui penelitian yang dilakukan oleh Nadia Benkirane-Jessel dan rekan-rekannya, mulailah semakin terbuka apa yang disebut dengan regenerative endodontics. Regenerative endodontics merupakan suatu revolusi perawatan endodontik yang dimaksudkan untuk mengganti jaringan pulpa gigi yang telah rusak akibat respon peradangan dengan jaringan yang baru melalui proses regenerasi jaringan. Perawatan ini dikatakan cukup berpotensi sebagai alternatif terhadap tindakan pembuangan jaringan pulpa secara keseluruhan dan meninggalkan gigi dalam keadaan mati atau non-vital di dalam mulut.

Para peneliti tersebut mengatakan bahwa mereka telah mengembangkan suatu substansi dalam bentuk lapisan yang sangat tipis berukuran nano yang dapat membantu proses regenerasi jaringan pulpa gigi. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa substansi ini yang disebut alpha melanocyte stimulating hormone atau alpha-MSH, memiliki kemampuan anti peradangan. Dalam tes yang dilakukan di laboratorium, peneliti memperlihatkan bahwa alpha-MSH yang dikombinasikan dengan suatu polimer akan menghasilkan suatu bahan yang dapat melawan proses peradangan di dalam pulpa.
endodontic
Alpha-MSH ini disebut-sebut juga dapat meningkatkan jumlah sel fibroblas, sel utama yang terdapat di dalam pulpa. Para peneliti tersebut mengatakan bahwa meningkatnya jumlah fibroblas akan dapat membantu merevitalisasi pulpa gigi dan mengurangi kemungkinan jaringan pulpa gigi tersebut untuk dibuang.


Source: pubs.acs.org

Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. alpha msh ini bs didapetin dmna lang?

    BalasHapus
  2. GigiSehatBadanSehat9 Juli 2010 06.38

    @anonim:
    penelitiannya masi baru banget...kayaknya belom dikomersialin deh...

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama