Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 28 Juli 2010

Konsultasi Kesehatan 28 July 2010

Pertanyaan:
bila sudah menggunakan gigi palsu selama satu tahun. apakah bisa tumbuh kembali bila tdk dipergunakan lagi giginya ?


Dea, 18 thn, Kisaran.




Jawaban:

Wah, Dea gak ada email ya? Dijawab disini aja ya. Dea, gigi tetap yang sudah tanggal alias copot, bisa karena dicabut atau karena terlepas sendiri tidak akan dapat tumbuh lagi.

Untuk menggantinya, harus dibuatkan gigi tiruan. Ada gigi tiruan yang dapat dilepas, ada yg ditempelkan ke gigi yang masih ada di dalam mulut (gigi tiruan bridge), ada juga yang ditanam ke dalam gusi (implan gigi).

Namun, sekarang peneliti memang sedang mengembangkan metode untuk menumbuhkan gigi kembali dengan menggunakan yang namanya stem cell. Tapi ini masih dalam tahap penelitian, belum selesai. Dan kalau pun penelitian ini selesai dan sudah dapat diaplikasikan ke manusia, pasti biaya perawatannya akan jauh lebih mahal dibandingkan perawatan gigi tiruan yang ada sekarang.



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. Wah... penelitian stem cell terutama embryonic stem cell banyak mengundang kontroversi dari segi etika, jadinya penelitiannya banyak yang terhambat. Padahal jikalau berhasil mungkin bisa jadi berguna untuk penumbuhan organ2 baru. Tetapi jikalau dari stem cell individu lain, kemungkinan penolakan oleh tubuh juga besar sepertinya...

    BalasHapus
  2. @Yari:
    sekarang uda ada alternatif pengambilan stem cell kok. gak dari embrio tapi dari pulpa gigi kalo gak salah. :)

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama