Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 02 Juli 2010

Konsultasi Kesehatan 2 Juli 2010

Pertanyaan:
Dok, saya mau nanya. Kalo implan gigi itu biayanya berapa ya dok? Apakah harus dioperasi yang mesti dibius sampai tidak sadar? Implan gigi itu apakah tahan lama dan giginya tidak akan rusak lagi? Terima kasih ya dok.


Nani, 36 tahun, Mojokerto.


Jawaban:

Mbak Nani, kalau untuk biaya pemasangan implan gigi sebaiknya tanyakan langsung ke dokter yang akan merawat. Karena tarif di setiap dokter tidak sama.

Pemasangan implan gigi pada umumnya tidak memerlukan bius total. Teknik anestesi atau bius yang digunakan biasanya sama dengan yang digunakan ketika pencabutan gigi. Jadi pasien masih sadar saat dilakukan pemasangan implan gigi.

Apakah tahan lama? Hal ini tergantung dari penggunanya.

Implan gigi memang tidak akan mengalami karies atau gigi berlubang seperti gigi asli manusia. Namun, mahkota giginya mungkin saja dapat patah atau retak apabila terjadi trauma yang cukup berat. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menggantinya dengan mahkota yang baru.

Yang paling sering menimbulkan masalah dalam implan gigi adalah penyakit periodontal atau penyakit pada jaringan pendukung gigi, yaitu gusi dan tulang. Hal ini disebabkan karena pasien tidak dapat menjaga kebersihan mulutnya dengan baik, sehingga plak ataupun karang gigi banyak tertimbun di sekitar implan. Plak ini akan mengiritasi gusi sehingga timbul respon peradangan dari jaringan yang mengakibatkan kerusakan pada jaringan gusi dan tulang pendukung gigi.

Apabila tulang pendukung gigi sudah rusak, maka dia tidak akan dapat menopang implan gigi dengan baik. Implan gigi pun akan goyang dan perlu dicabut karena sudah tidak ada dukungan tulang lagi.

Untuk menghindari hal tersebut tentunya pasien harus dapat menjaga kebersihan dan kesehatan mulutnya. Sikat gigi yang bersih dan rutin, menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi, dan kontrol kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali perlu sekali dilakukan oleh pasien implan gigi untuk menjaga keawetan dari implan gigi tersebut.

Implan gigi rata-rata dapat bertahan antara 6 sampai 8 tahun. Namun, bisa saja tahan lebih lama. Biasanya pasien yang implan giginya bertahan lebih lama adalah seorang dokter gigi. Mungkin karena dia dapat menjaga kebersihan dan kesehatan mulutnya dengan baik. Anda juga bisa kok! =)



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. gig memang harus benar-benar di rawat dengan baik

    BalasHapus
  2. GigiSehatBadanSehat6 Juli 2010 07.27

    @fajar: betul...=)

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama