Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 16 Juli 2010

Hanya Batuk, Atau Kanker Paru-Paru?

Gejala awal dari kanker paru-paru seringkali mirip dengan gejala infeksi saluran napas pada umumnya. Lalu bagaimana kita mengetahui bahwa gejala seperti batuk yang kita alami merupakan suatu gejala kanker atau bukan?

Secara umum, dokter akan menaruh curiga adanya kemungkinan kanker paru apabila gejala infeksi saluran napas tidak membaik relatif cepat dengan perawatan infeksi standar yang biasa dilakukan, seperti pemberian antibiotik atau terapi pernapasan lainnya.

Apabila setelah pemberian perawatan standar ini gejala infeksi saluran napas tidak sembuh dalam satu atau dua minggu, biasanya dokter akan menganjurkan untuk melakukan foto roentgen dada ataupun terkadang CT scan dada. Kecuali kalau memang ada penjelasan lain mengapa gejala infeksi tersebut tidak membaik, misalnya karena antibiotik yang diberikan ternyata tidak sesuai dengan infeksi tersebut.

Kemungkinan bahwa gejala tersebut merupakan suatu kanker dapat meningkat apabila di anggota keluarga pasien ditemukan riwayat kanker. Apalagi bila disertai dengan adanya riwayat penurunan berat badan yang drastis dari pasien. Walaupun gejala penurunan berat badan tersebut dapat pula terjadi akibat penyakit seperti TB atau infeksi jamur.

Secara umum, yang perlu diwaspadai oleh pasien dengan gejala infeksi saluran napas untuk mengetahui bahwa kondisi yang dideritanya suatu kanker atau bukan adalah dengan melalui tanda-tanda seperti meningkatnya frekuensi batuk, napas yang pendek, batuk yang mengeluarkan darah, ataupun penurunan berat bedan. Kondisi seperti harus segera dikonsultasikan dengan dokter.


Source: New York Times




Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. jadi ketakutan nich sob, soalnya saya termasuk perokok berat :(
    makasih infonya sob :)

    Regards,

    Ghustie Samosir
    www.hanyainfo.blogspot.com

    Khusus Dewasa Klik Disini dan Disini

    BalasHapus
  2. artikelnya bagus,
    salam kenal..
    need IT???
    http://www.linovtech.com

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama