Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 17 Juni 2010

Obat Tradisional Mulai Masuk Sistem Pelayanan Kesehatan Formal

jamu
Jamu merupakan obat-obatan tradisional yang memiliki potensi untuk dikembangkan dan diaplikasikan dalam bidang kesehatan. Salah satu keuntungan yang dimiliki jamu adalah minimalnya efek samping dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Kini pemerintah Indonesia berupaya menerapkan penggunaan jamu ke pelayanan kesehatan formal.

Langkah awal yang sudah diambil oleh Departemen Kesehatan Indonesia adalah dengan mencanangkan program Saintifikasi Jamu. Program ini merupakan upaya dan proses pembuktian ilmiah jamu melalui dokter peneliti dan lembaga pelayanan kesehatan. Tujuannya adalah memberikan landasan ilmiah penggunaan jamu secara empiris melalui penelitian berbasis pelayanan kesehatan. Diharapkan dengan upaya ini, jamu sebagai obat tradisional dapat lebih diterima d kalangan medis.

Setelah upaya saintifikasi jamu, kini pemerintah berupaya menerapkan penggunaan jamu ke pelayanan kesehatan formal dengan mencanangkan program Jamu Masuk Puskesmas.

Menkes, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, DR.PH., mengatakan bahwa upaya tersebut diharapkan dapat mengatasi multiple burden dalam pembangunan kesehatan akibat munculnya emerging dan reemerging disease, meningkatnya penyakit tidak menular, rendahnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, mutu pelayanan kesehatan yang belum optimal, dan mahalnya harga obat karena 95% bahan baku masih harus diimpor.
jamu
Menkes berharap, dengan dibukanya peluang pemanfaatan jamu dalam pelayanan kesehatan, masyarakat Indonesia akan lebih cepat dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan yaitu sehat untuk semua.


Source: Departemen Kesehatan Indonesia

Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama