Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 10 Juni 2010

Manfaat Minyak Ikan Bagi Anak Yang Sedikit Obesitas

fish oil
Minyak ikan telah menunjukkan bahwa dia mampu membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi pada orang dewasa dan juga memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol. Dr. Lotte Lauritzen dari Copenhagen University di Denmark dan rekan-rekannya mencoba mencari tahu apakah manfaat minyak ikan ini dapat terlihat pada masa pertumbuhan.

Penelitian ini dilakukan Lauritzen dan rekan-rekannya terhadap 80 anak laki-laki yang sedikit kelebihan berat badan yang berusia antara 13 sampai 15 tahun. Anak-anak ini dibagi menjadi dua kelompok, kelompok 1 diberikan minyak ikan sebanyak 1,5 gram setiap harinya atau setara dengan 1,5 kapsul lunak minyak ikan, sedangkan kelompok lainnya diberikan placebo berupa minyak nabati dengan jumlah yang sama.

Dan hasilnya, setelah 16 minggu masa penelitian kelompok anak yang diberikan minyak ikan memiliki tekanan sistol 3,8 mmHg dan diastol 2,6 mmHg lebih rendah dibandingkan dengan kelompok anak yang diberikan placebo.

fish oil
Tekanan darah pada masa anak-anak dan masa pertumbuhan akan berpengaruh terhadap kondisi tekanan darah di masa dewasa dan tuanya nanti. Hal ini dapat disebabkan oleh pengaruh kebiasaan berolah raga dan pola makan yang biasanya akan terus berlanjut sampai sang anak beranjak dewasa.

Dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa minyak ikan dapat menurunkan tekanan darah pada anak remaja dengan sedikit kelebihan berat badan. Dan tentunya manfaat ini akan dirasakan oleh jantung mereka nantinya.


Source: Reuters

Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. kalau untuk usia dewasa bagaimana? apakah bisa mengkonsumsi minyak ikan untuk mendapatkan manfaat yang sama?

    BalasHapus
  2. GigiSehatBadanSehat11 Juni 2010 21.56

    @Ardhiansyam:
    manfaat ini sebenarnya sudah ditemukan pada orang dewasa. pada penelitian ini, para peneliti ingin mengetahui apakah manfaat yang sama dapat diperoleh bagi anak-anak.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama