Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 22 Juni 2010

Konsultasi Kesehatan 22 Juni 2010

Pertanyaan:
Pertama, kuku kaki kedua jempol saya di bagian tengah vertikal ada putih-putihnya dan rapuh. Apabila terkena benda gampang patah. Apakah itu pertanda adanya suatu penyakit? Selama ini saya sehat-sehat saja dan tidak ada keluhan yang berarti.

Kedua, anak saya (17 tahun, laki-laki, SMA klas 1) mulai SMP berjerawat batu. Bahkan over, sehingga mengganggu aktifitasnya sehari-hari, terkadang gatal. Mohon advis komprehensif.
Terima kasih sebelumnya atas advis dokter.


Ninil Sudarmini, 50 tahun, Pasuruan.


Jawaban:


Bu Ninil,
Untuk yang pertama, kondisi tersebut mungkin saja disebabkan karena jamur. Usahakan jangan terlalu lama pakai sepatu tertutup, karena kaki akan berkeringat dan lembab. Usahakan agar kaki tetap kering.

Untuk pengobatannya silahkan coba berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Sebaiknya jangan langsung mencoba-coba dengan obat anti jamur yang ada di pasaran.

Untuk yang kedua, silahkan buka artikel kami tentang perawatan jerawat berikut ini:
http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2009/06/cara-mencegah-timbulnya-jerawat.html


Sehat selalu ya Bu!


Note: Pertanyaan-pertanyaan yang tidak kami tampilkan akan kami jawab melalui email.


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama