Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 11 Juni 2010

Konsultasi Kesehatan 11 Juni 2010

Pertanyaan:
Untuk penderita gagal ginjal , apakah gak ada cara lain kecuali Cuci darah , karena istri saya sudah dua tahun mengalaminya , seminggu dua kali , umur 50 thn , kalau toh bisa ,bisakah secara berangsur angsur , dari dua kali seminggu ,menjadi sebulan sekali ,
Apakah ada system terapi yang bisa memfungsikan kembali kedua ginjal tersebut.
Atas bantuan, dan perhatiannya kami ucapkan banyak terima ksih.


Salam
Mudjahid


Jawaban:

Yth. Bapak Mudjahid

Perawatan yang dapat diberikan kepada penderita gagal ginjal adalah dengan rutin melakukan cuci darah atau dengan cara mengganti ginjal yang mengalami kelainan dengan ginjal baru yang sehat.

Ginjal merupakan organ tubuh yang salah satu fungsi utamanya untuk menyaring darah dari zat-zat buangan yang tidak diperlukan tubuh yang nantinya zat-zat tersebut akan dikeluarkan melalui urin atau air seni. Fungsi ini berlangsung terus-menerus sepanjang hidup kita.

Apabila ginjal kehilangan fungsinya, maka zat-zat buangan tidak dapat keluar dan akan menumpuk di dalam tubuh. Hal ini dapat berakibat fatal dan dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya bila tidak segera ditangani.

Olah karena itu, penderita gagal ginjal harus terus melakukan cuci darah secara rutin sesuai anjuran dokter yang maksudnya adalah untuk menggantikan fungsi ginjal tersebut.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti ginjal yang sudah rusak tersebut dengan yang baru, yang istilahnya dikenal dengan nama transplantasi ginjal. Tentunya ada berbagai pertimbangan dan syarat-syarat yang perlu diperhatikan untuk dapat melakukan operasi ini. Dan yang terpenting, harus dapat menemukan donor ginjal yang tepat agar organ ginjal yang baru tidak ditolak oleh tubuh.

Pendonor ginjal sendiri bisa dari orang yang masih hidup, khususnya dari keluarga sendiri untuk meningkatkan tingkat kecocokan organ, ataupun dari orang yang telah meninggal yang telah menyumbangkan organ ginjalnya.

Masing-masing kita memiliki 2 organ ginjal, dan tidak perlu khawatir untuk menyumbangkan salah satu organ ginjal kita. Kita masih dapat hidup dengan satu ginjal, dan tentunya pendonor juga harus memenuhi syarat-syarat yang ada.

Lebih lanjut, segera Bapak konsultasikan kondisi istri Bapak dengan dokter. Kami doakan semoga istri Bapak segera diberikan kesembuhan.



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama