Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 09 Juni 2010

Depresi Dapat Meningkatkan Persepsi Rasa Sakit

Depression pain
Depresi dan rasa sakit kadang terjadi bersamaan, namun belum ada yang dapat menjelaskan mengapa hal ini dapat terjadi. Untuk mengetahui hubungan antara depresi dan rasa sakit, Dr. Chantal Berna dan rekan-rekannya menggunakan brain imaging untuk melihat bagaimana orang sehat memberikan respon terhadap rasa sakit ketika dia sedang bersedih.

Hasil temuan mereka mengungkapkan bahwa kondisi depresi menganggu bagian dari otak yang mengatur emosi. Hal ini mengakibatkan meningkatnya persepsi rasa sakit. Dalam kata lain, seperti yang dijelaskan oleh Dr. Berna, ketika orang sehat dibuat sedih dengan pikiran negatif ataupun musik yang sedih, ditemukan bahwa otak memroses rasa sakit secara lebih emosional yang mengakibatkan orang akan merasakan sakit lebih dari biasanya.

Peneliti berspekulasi bahwa pikiran sedih menurunkan kemampuan seseorang untuk mengatur emosi negatif yang berhubungan dengan rasa sakit. Akibatnya persepsi rasa sakit akan meningkat.
Depression pain

Aplikasi dari penelitian ini adalah kondisi depresi itu sendiri juga perlu dijadikan target perawatan dalam suatu pengobatan atau perawatan yang berhubungan dengan rasa sakit. Sementara itu penelitian berikutnya akan mencoba mengungkapkan hubungan antara rasa sakit kronis yang seringkali mengakibatkan kondisi depresi bagi penderitanya.


Source: medicalnewstoday.com


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. bener banget sob, kadang dengan perasaan senang dan semangat yang tinggi, bisa membantu menyembuhkan sakit, begitupun sebaliknya.
    nice article :)

    Regards,

    Ghustie Samosir
    www.hanyainfo.blogspot.com

    Khusus Dewasa Klik Disini atau Disini

    BalasHapus
  2. setujuu
    http://tric06.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  3. nice post

    http://muhammadr06.student.ipb.ac.id

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama