Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 31 Mei 2010

Konsultasi Kesehatan 31 Mei 2010

Pertanyaan:


1. Apa saja penyebab bau mulut?
Teo Smith Tandi Rogank, 21, Makassar.


2. Cara menjaga kesehatan gigi supaya tidak bau mulut?
Iin, 35, Solo


3. Setelah bangun tidur langsung makan atau minum boleh nga Dok?
berikan saya jawaban yang akurat ya Dok.
terimakasih atas perhatiannya.
Herawati, 40, Solo

Jawaban:


1. dan 2. jawabannya dapat ditemukan pada halaman ini: http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2009/04/bau-mulut.html

3. Boleh-boleh saja. Tentu sebelum tidur sudah menggosok gigi kan? Memang ketika bangun tidur jumlah kuman di dalam mulut bertambah karena selama tidur produksi air liur berkurang. Air liur juga memiliki fungsi menjaga kebersihan rongga mulut. Namun, tidak perlu khawatir dengan adanya kuman-kuman ini karena di dalam perut kita juga terdapat asam lambung yang dapat mengatasinya.

Justru banyak ahli kesehatan gigi yang menganjurkan agar sarapan pagi terlebih dahulu sebelum menyikat gigi pagi. Dengan begitu kondisi rongga mulut sampai menjelang makan siang akan lebih bersih dibandingkan dengan sarapan pagi yang dilakukan setelah menyikat gigi.

Mungkin ada baiknya sebelum sarapan untuk berkumur terlebih dahulu. Fungsinya untuk meningkatkan produksi air liur. Air liur ini juga berperan dalam proses pengecapan dan pengunyahan makanan.




Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. kayaknya nomor 3 pas banget nich dengan saya, ternyata lebih bagus kalo berkumur dulu yach, makasih yach sob jawabannya :)

    Regards,

    Ghustie Samosir
    www.hanyainfo.blogspot.com

    Khusus Dewasa Klik Disini atau Disini

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama