Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 17 Mei 2010

Anestesi Lokal Kini Tidak Perlu Menggunakan Jarum Suntik

dental anesthetic
Salah satu hal yang ditakuti oleh pasien dari perawatan gigi adalah penggunaan jarum suntik. Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kini penggunaan jarum suntik dalam melakukan anestesi lokal dapat digantikan dengan metode yang jauh lebih nyaman.

Sebuah penemuan baru dapat menggantikan penggunaan jarum suntik dalam melakukan prosedur anestesi lokal di bidang kedokteran gigi. Ilmuwan melaporkan bahwa bahan anestetik yang diadministrasikan melalui hidung menggunakan nasal drop ataupun nasal spray, akan berjalan melalui saraf langsung menuju otak. Salah satu saraf yang dilaluinya adalah saraf trigeminal yang mempersarafi wajah, hidung, dan mulut.

Neil Johnson dari Frey labortorium, dan Leah R. Hanson dari Regions Hospital, menemukan bahwa lidocaine atau xylocaine yang disemprotkan ke hidung dari tikus laboratorium, akan berjalan dengan cepat melalui saraf trigeminal dan terkumpul pada gigi, rahang, dan mulut 20 kali lebih banyak daripada yang terdapat dalam darah ataupun otak.

Pendekatan ini dapat memberikan metode yang lebih efektif dan tepat sasaran dalam mengatasi dental pain/anxiety, trigeminal neuralgia (severe facial pain), migraine, dan kondisi lainnya, kata para ilmuwan.
dental anesthetic

Lebih lanjut lagi, para ilmuwan ini telah menemukan lokasi yang lebih baik untuk ke depannya dalam memberikan obat anestesi, yaitu pada sinus maksilaris. Diharapkan dengan pemberian obat melalui sinus ini dapat diperoleh efek anestesi yang lebih cepat dan terfokus.


Source: medicalnewstoday.com

Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. wah....kaya'nya ga perlu takut lagi nih ke dokter gigi???

    BalasHapus
  2. GigiSehatBadanSehat28 Mei 2010 10.57

    mudah2an cepat tersedia di indonesia ya...

    BalasHapus
  3. saya sangat tertarik dengan artikel diatas. Karena hal yang paling membuat orang enggan ke dokter gigi adalah bur,jarum suntik dan tang.Penggunaan nasal spray atau nasal drop, tentu saja akan mambantu hal tersebut. Minta info lebih lanjut tentang indikasi, kontraindikasi dan hal penting lain yang perlu diketahui oleh dokter gigi? Tks

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama