Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 25 Mei 2010

Anak Usia 1 Tahun Sudah Boleh Belajar Renang

toddler swim
Dulu American Academy of Pediatrics tidak menganjurkan anak kecil untuk menerima pelajaran renang dengan alasan keamanan. Kini, perkumpulan dokter anak terbesar di Amerika Serikat menyatakan bahwa pelajaran renang sudah boleh dilakukan mulai dari usia anak satu tahun.

Beberapa penelitian kecil menyatakan bahwa anak-anak akan memiliki kecenderungan lebih kecil untuk mengalami tenggelam apabila mereka sudah pernah diberikan pelajaran renang. Walaupun begitu, dokter tidak menganjurkan pelajaran renang bagi semua anak. Karena beberapa orang tua mungkin ada yang merasa bahwa anak mereka belum siap.

Orang tua harus memilih kelas renang yang mengutamakan keamanan dan mengharuskan orang tua ataupun orang dewasa lain untuk menemani anaknya di dalam kolam renang, kata Connie Harvey kepala dari aquatics development untuk American Red Cross.

Tiap kelas minimal harus memiliki satu orang pelatih untuk setiap 10 orang anak. Dianjurkan pula agar sekeliling kolam renang dibuatkan pagar.

Salurang pembuangan air dari kolam renang juga perlu dilengkapi penutup saluran ataupun filter-pump equipment yang baik untuk mencegah kemungkinan rambut atau tangan anak terhisap oleh saluran pembuangan air ini yang bisa saja mengakibatkan anak tenggelam.
toddler swim

Orang tua harus terus-menerus memperhatikan anaknya selama pelajaran renang. Karena sedikit saja orang tua mengalihkan perhatiannya, masalah bisa saja terjadi.


Source: msnbc.msn.com

Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. manfaat lebih apa yang didapat apabila pelajaran renang ini mulai diberikan pada anak usia 1 thn ? tentunya selain "anak-anak akan memiliki kecenderungan lebih kecil untuk mengalami tenggelam" seperti yang anda sampaikan tadi?

    BalasHapus
  2. pertanyaannya adalah : manfaat lebih apa yang akan didapat apabila kita memberikan pelajaran renang dimulai pada anak usia 1 thn? tentunya selain dari memiliki kecenderungan lebih kecil untuk mengalami tenggelam seperti yang disampaikan pada artikel tsbt?

    BalasHapus
  3. GigiSehatBadanSehat28 Mei 2010 10.54

    @yohan:
    ada yang mengatakan bahwa belajar renang dapat membentuk kepribadian anak. anak
    yang belajar berenang akan tumbuh menjadi anak yang lebih percaya diri, bahagia, mandiri dan
    mudah menyesuaikan diri.

    selain itu, gerakan anggota badan si anak akan merangsang pertumbuhan saraf2 tepi. yang katanya akan membuat saraf otak lebih aktif dan
    diharapkan mampu meningkatkan kepintaran anak.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama