Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 10 April 2010

Tips Menghadapi Anak dengan ADHD

Apakah anak Anda sulit dalam memerhatikan sesuatu ataupun mengikuti perintah Anda, bermasalah untuk duduk diam ataupun bermain dengan tenang, dan selalu mengikuti keinginannya sendiri? Mungkin anak Anda menderita apa yang dikenal dengan ADHD atau Attention deficit-hyperactivity disorder. Bagaimana cara menghadapinya?

ADHD biasanya dialami oleh anak-anak, namun dapat pula menetap sampai anak beranjak dewasa. Sampai saat ini memang tidak ada pengobatan untuk menangani ADHD, namun kelainan ini dapat dihadapi dengan baik oleh orang tua.

Apabila anak Anda memiliki kondisi ADHD, Anda dapat mengikuti tips-tips berikut untuk menghadapi anak Anda:
  1. Buatlah jadwal harian di rumah yang mudah diikuti oleh anak Anda untuk diingat dan diikuti. Pasanglah jadwal ini di tempat yang mudah dilihat oleh anak Anda.
  2. Aturlah barang-barang anak Anda agar dapat mudah ditemukan, termasuk barang-barang sekolah, pakaian, atau mainan.
  3. Ketika anak Anda sedang mencoba menyelesaikan suatu tugas, coba hilangkan pengalih perhatian seperti televisi, musik, ataupun komputer.
  4. Jangan buat anak Anda bingung dengan banyak pilihan ketika memilih sesuatu seperti makanan, pakaian, ataupun mainan.
  5. Berikan perintah kepada anak dengan kata-kata yang singkat dan jelas.
  6. Buat suatu tujuan untuk anak Anda, dan berikan penghargaan apabila dia berhasil mencapai tujuan tersebut.
  7. Ketika anak Anda berkelakuan tidak baik, hindari memberi hukuman dengan membentak atau dengan hukuman fisik.
  8. Buat anak menghargai dirinya dengan mendorong atau mendukung anak untuk menguasai keahlian yang anak Anda hebat dalam hal tersebut.

Memiliki anak dengan ADHD mungkin agak lebih merepotkan. Hadapilah dengan sabar dan bijaksana, tuntun dia agar menjadi pribadi yang lebih baik dan menarik.


Source: medlineplus.gov






Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama