Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 18 April 2010

HIV Dapat Bersembunyi Di Dalam Sumsum Tulang

hiv aids
Terapi HIV AIDS saat ini dapat dikatakan masih belum efektif. Mengapa? Para peneliti Amerika Serikat menemukan bahwa ternyata hal ini disebabkan karena virus ini memiliki kemampuan untuk bersembunyi di dalam sumsum tulang. Dengan kemampuannya ini HIV tidak dapat terdeteksi oleh sistem imun, dan begitu penderita menghentikan penggunaan obat-obatan anti-HIV maka virus ini akan kembali melancarkan aksinya.

Obat HIV pertama kali ada pada tahun 1990, dan sejak itu obat anti-HIV mengalami perkembangan yang pesat bahkan hampir 90% mengurangi angka kematian. Dengan kesuksesannya ini, HIV kini tidak lagi disebut sebagai penyakit mematikan tapi lebih ke arah penyakit kronis. Walaupun sayangnya, hanya 40% dari seluruh penderitanya di dunia yang dapat menikmati obat ini.

Obat anti-HIV yang ada sekarang ini, memang dapat melawan HIV dan menyelamatkan nyawa penderitanya. Namun, sayangnya mereka tidak dapat benar-benar membersihkan virus ini dari dalam tubuh penderitanya.

Para peneliti berusaha mencari tahu mengapa hal ini dapat terjadi. Melalui beberapa penelitian, akhirnya ditemukan bahwa HIV mempunyai kemampuan untuk bersembunyi di dalam sel-sel tertentu, di antaranya di dalam makrofag dan beberapa sel T.

Peneliti dari Amerika Serikat kini menemukan bahwa ada tempat lain yang menjadi persembunyian dari virus ini. Dalam penelitiannya, mereka memeriksa sampel sumsum tulang dari penderita HIV yang telah dirawat selama 6 bulan. Dan ternyata di dalam sampel tersebut mereka menemukan jejak-jejak genom HIV. Padahal penelitian terdahulu menyatakan bahwa sumsum tulang kebal terhadap HIV.

hiv aids
Para peneliti tersebut mengatakan bahwa perlu juga dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tempat lain yang mungkin juga menjadi tempat persembunyian HIV, seperti misalnya pada stem cell.Mereka berharap agar penemuan ini dapat mendorong untuk ditemukannya terapi yang lebih efektif sehingga dapat membasmi virus-virus yang bersembunyi. Dan dengan terapi yang efektif pula diharapkan penderita HIV dapat benar-benar sembuh dan tidak ketergantungan obat anti-HIV sepanjang hidupnya.


Source: nature.com




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. Halo,
    Saya didiagnosis penyakit mematikan HIV ini seorang teman saya memperkenalkan Dr Jerry (DR.JERRYSPELLHOME@GMAIL.COM)kepada saya dan saya benar-benar melakukan menghubungi dia setelah ia telah mempersiapkan apa yang ia mengatakan ia akan melakukannya dia mengirimkannya kepada saya dan saya menggunakannya sesuai resep setelah satu minggu saya pergi ke rumah sakit untuk memeriksa status saya lagi karena saya merasa berbeda dari cara saya gunakan ketika saya dinyatakan positif terkejut terbesar saya status itu HIV negatif ada kejutan dan saya harus memberitahu seluruh dunia tentang hal ini Jika Anda mengalami masalah saya sarankan Dr Jerry untuk Anda. Anda dapat menghubungi dia dengan alamat email-nya: ( DR.JERRYSPELLHOME@GMAIL.COM ) atau hubungi nomor telepon yang +2348156769001 untuk kontak langsung terima kasih.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama