Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 15 April 2010

Berbicara Tentang Perceraian Kepada Anak

divorce parent
Tidak ada pasangan mana pun yang mengharapkan terjadinya perceraian. Namun, terkadang kondisi rumah tangga memang sulit untuk dipertahankan lagi. Satu tantangan yang harus dihadapi oleh pasangan yang akan bercerai adalah menjelaskan hal ini kepada anak-anaknya.

Bagaimana cara yang tepat dalam menjelaskan mengenai perceraian kepada anak-anak? American Academy of Child and Adolescent Psychiatry memberikan anjuran berikut:
  • Jangan tunda sampai ke detik-detik terakhir dalam memberikan informasi ini kepada anak.
  • Kedua orang tua harus memberikan informasi ini secara bersama-sama.
  • Berbicaralah secara sederhana, jujur, dan langsung pada sasaran.
  • Jelaskan kepada anak bahwa perceraian ini bukanlah akibat kesalahan anak.
  • Yakinkan kepada anak bahwa dia masih dapat bertemu dengan kedua orang tuanya, dan katakan bahwa kedua orang tuanya masih mencintai dirinya.
  • Jujurlah bahwa hal ini merupakan hal yang sedih atau tidak enak untuk dialami.
  • Jangan katakan hal yang negatif tentang pasangan lain di hadapan anak.

divorce parentMudah-mudahan dengan dapat menjelaskan hal ini dengan baik, anak dapat menerima keputusan yang diambil oleh orang tua, dan dampak negatif terhadap kondisi psikis anak pun dapat diminimalisir.


Source: medlineplus.gov





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama