Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 13 Maret 2010

Perbandingan Efek Menyikat Gigi dan Handpiece Prophylaxis Terhadap Retensi Sealant

pit fissure sealant
Dalam prosedur pit dan fissure sealant, dibutuhkan permukaan gigi yang bersih agar diperoleh hubungan langsung antara etsa asam dan email. Untuk mendapatkan permukaan gigi yang bersih ini, ada berbagai cara yang dapat dilakukan. Namun, apakah semua cara itu memiliki efektivitas yang sama?

Etsa asam perlu berkontak langsung dengan email agar dapat bekerja dengan efektif. Email yang telah di-etsa akan menghasilkan mikroporositas dimana resin-based material akan mengalir ke dalamnya membentuk ikatan mekanis yang akan mempertahankan sealant untuk tetap melekat terhadap email.

Teknik yang biasa dilakukan untuk memperoleh permukaan gigi yang bersih sebelum di-etsa adalah dengan menggunakan rubber cup atau rotary brush dengan pumice yang dijalankan menggunakan handpiece kecepatan rendah. Selain itu, ada pula beberapa operator yang hanya menggunakan sikat gigi untuk membersihkan permukaan gigi sebelum di-etsa.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Dr. Kolavic Gray dan rekan-rekannya ditemukan bahwa pada tahun pertama setelah pembuatan sealant, ditemukan bahwa retensi dari metode profilaksis sikat gigi lebih baik daripada metode handpiece. Sedangkan pada tahun kedua sampai kelima mereka tidak menemukan perbedaan tingkat retensi dari kedua metode tersebut. Namun secara umum, penggunaan sikat gigi sebagai metode pembersihan menghasilkan retensi paling tidak sama dengan metode pembersihan menggunakan handpiece.
pit fissure

Menurut Gray dan rekan-rekannya, retensi dari metode pembersihan menggunakan handpiece dapat lebih rendah karena penggunaan pasta pembersih yang mungkin mengandung minyak. Biasanya terdapat pada pasta-pasta yang dipasarkan pada tahun 70-an atau 80-an. Ada kemungkinan pula bahwa masih ada sisa pasta atau pumice di dalam pit dan fisssure yang dapat mengganggu retensi dari sealant.

Source:
Gray, S.K.; et al. A comparison of the effects of toothbrushing and handpiece prophylaxis on retention of sealants. J Am Dent Assoc 2009; 140(1): 38-46.




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama