Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 30 Maret 2010

Konsultasi Kesehatan 30 Maret 2010

Pertanyaan:
gusi saya merah&gusi graham sangat tipis,pangkal akar graham saya nampak&grahamnya sedikit goyang,terasa gatal,sakit.apa yg terjadi;bagaimana cara mengatasinya?


Tia (31 tahun), pekanbaru.


Jawaban:
Kondisi yang Mbak Tia alami dikenal dengan istilah periodontitis atau peradangan dari jaringan periodontal (jaringan pendukung gigi).

Periodontitis merupakan tahap lanjut dari proses peradangan gusi, dimana pada kondisi ini proses peradangan telah menyebar ke jaringan pendukung gigi yang lebih dalam dan menimbulkan kerusakan pada jaringan tersebut.

Biasanya gejala dari periodontitis berupa gigi yang goyang, akar gigi yang terbuka, terasa sakit ketika gigi ditekan atau dipakai mengunyah, gusi terasa gatal atau sakit, dan dapat pula timbul bau mulut ataupun rasa yang tidak enak di dalam mulut. Apabila kondisi ini dibiarkan, maka kegoyangan gigi akan bertambah bahkan gigi dapat terlepas sendiri dari tempatnya.

Periodontitis dapat diatasi dengan perawatan scaling dan root planning untuk membersihkan plak dan karang gigi. Perawatan ini harus diikuti dengan menjaga kebersihan mulut agar proses peradangan tidak terjadi lagi.

Apabila kegoyangan gigi masih tergolong ringan, maka gigi akan kembali kuat dan kokoh dengan sendirinya. Namun, apabila sudah cukup parah maka gigi tersebut harus dilakukan perawatan periodontal lebih lanjut bahkan mungkin perlu dicabut apabila kegoyangan gigi sudah sangat parah.

Untuk akar gigi yang terbuka, biasanya akan menimbulkan kondisi gigi sensitif (linu) ataupun gangguan estetik apabila menyerang gigi depan. Gigi sensitif dapat diatasi dengan menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif, ataupun perawatan lain misalnya penambalan bagian akar gigi. Sedangkan untuk keluhan estetik apabila menyerang gigi depan dapat dilakukan bedah gusi untuk menutupi akar gigi yang terbuka tersebut. Selain itu, ada pula alternatif perawatan lain yang dapat dilakukan oleh beberapa dokter gigi.

Silahkan Mbak Tia mengunjungi dokter gigi untuk melakukan perawatan sedini mungkin. Semakin dini perawatan dilakukan, maka hasilnya pun akan semakin baik dan total biaya perawatan akan relatif lebih murah.

Salam :)

NB: Pertanyaan-pertanyaan yang tidak kami tampilkan akan kami balas melalui email.




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama