Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 18 Maret 2010

Konsultasi Kesehatan: 18 Maret 2010

Pertanyaan:
Saya lagi hamil tiga setengah bulan. Karena anak dan suami kena flu saya jadi ikutan kena. Badan demam, pusing, flu, batuk, tenggorokan gatal. Obat tradisional apa yang bisa saya buat untuk mengurangi keluhan tersebut?


Tety (30), Surabaya.

Jawaban:
Yth. Ibu Tety di Surabaya.

Pada dasarnya penyakit flu merupakan penyakit infeksi yang dapat sembuh dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh. Gejala batuk dan pilek yang berasal dari infeksi virus flu biasanya akan dapat sembuh dengan sendirinya setelah beristirahat total selama 2-3 hari.

Untuk obat alternatif yang dapat digunakan untuk meredakan berbagai gejala flu, termasuk gejala flu yang dialami ibu hamil diantaranya:
  1. Madu yang dicampur dengan peppermint atau jeruk nipis, lalu diseduh air hangat.
  2. Permen mint atau permen pelega tenggorokan lainnya.
  3. Minyak kayu putih atau balsem mentol untuk mengatasi hidung tersumbat. 
  4. Konsumsi buah-buahan segar yang banyak mengandung vitamin C.
  5. Kencur juga dapat menjadi obat alternatif untuk mengatasi batuk.
Pada saat pilek, biasanya tubuh akan banyak kehilangan cairan. Jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. 
 
Perhatikan pula warna dahak, apabila berwarna kuning kehijauan maka segeralah berkonsultasi ke dokter. Karena ada kemungkinan terjadi infeksi yang membutuhkan penggunaan antibiotik untuk mengatasinya. Dokter akan memberikan pilihan obat antibiotik yang tentunya aman bagi ibu hamil.

Salam sehat!



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama