Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 02 Februari 2010

Telur, Sehat Atau Tidak?

fried egg
Telur merupakan salah satu sumber protein yang banyak dikonsumsi dan digemari orang. Namun, masih banyak orang yang mempertanyakan tentang baik tidaknya telur untuk kesehatan. Anda tahu jawabannya?

Telur sempat dianggap sebagai makanan yang mengandung kolesterol yang dapat menjadi kontributor terhadap penyakit jantung. Kenyataannya, yang menjadi penjahat utamanya bukanlah kolesterol melainkan saturated dan trans fats (yang nantinya oleh tubuh kita akan diubah menjadi kolesterol penyumbat pembuluh darah arteri).

Jadi, apakah telur mengandung lemak jenuh (saturated fats) yang cukup tinggi? Tergantung bagaimana Anda mengolahnya. Apabila Anda memasak telur dengan cara digoreng menggunakan mentega (bukan margarine), maka telur goreng tersebut akan mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi.

egg
Telur itu sendiri sebenarnya mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dan sekarang, para ahli kesehatan menyatakan bahwa telur itu aman bagi kesehatan apabila Anda mengkonsumsinya tidak lebih dari 1 butir telur sehari. Selain itu juga perlu diimbangi dengan mengurangi makanan lain yang juga merupakan sumber kolesterol, misalnya daging merah.

Standarnya, dalam sehari Anda tidak boleh mengkonsumsi kolesterol lebih dari 300 mg. Dan 1 butir telur hanya mengandung 213 mg kolesterol, masih tergolong aman!


Source: Eggs, Eat Them or Avoid Them?




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. wah..kebetulan suka banget makan telor...
    tapi 1 butir sehari mah kayaknya kurang banget buat saya...

    BalasHapus
  2. Kalo telornya 4 butir di dadar pake sayuran trus makannya sekeluarga (ber 5) gimana?

    BalasHapus
  3. @anonim 2:
    okelah kalo begitu...:)

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama