Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 04 Januari 2010

Penderita Serangan Jantung Yang Berhenti Merokok Umurnya Lebih Panjang

smoking health
Tidak pernah ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Menurut penelitian terbaru dari Israel, orang-orang yang pernah mengalami serangan jantung akan memiliki umur lebih panjang apabila mereka menghentikan kebiasaan merokoknya dibandingkan dengan mereka yang masih terus merokok.

Selama 13 tahun para peneliti dari Israel ini mengikuti lebih dari 1.500 orang yang pernah mengalami serangan jantung. Ternyata tidak hanya mereka yang berhenti merokok yang mendapatkan manfaat kesehatan, mereka yang berusaha mengurangi jumlah konsumsi rokok juga memiliki kondisi yang lebih baik daripada mereka yang terus merokok.

Dalam penelitian ini, orang yang mengalami serangan jantung pertama kalinya dan berhenti merokok memiliki kemungkinan kematian selama masa studi ini 37% lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang terus merokok. Angka ini bahkan mendekati angka penurunan resiko kematian bagi mereka penderita serangan jantung yang sama sekali belum pernah merokok, yaitu sebesar 43%.

Para peneliti juga menambahkan bahwa dengan menghentikan kebiasaan merokok, baik sebelum maupun sesudah serangan jantung, memiliki pengaruh yang sama pentingnya dengan terapi umum yang biasa dilakukan untuk mencegah masalah-masalah jantung. Terapi-terapi tersebut diantaranya penurunan kadar kolesterol, dan penggunaan obat-obatan seperti aspirin dan beta-blocker.
heart attack

Tentunya Anda tidak perlu menunggu datangnya serangan jantung untuk berhenti merokok. Hentikan kebiasaan merokok sekarang juga dan milikilah hidup yang lebih baik dan umur lebih panjang yang dapat Anda isi dengan kebahagiaan.


Source: Quitting smoking after heart attack extends lives




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

4 komentar:

  1. kadang2 heran...hampir semua orang tau bahaya rokok...tapi masi aja nge-rokok..mau dia kaya atau miskin tetep aja ngerokok dengan berbagai alasan yg bisa dibantah dengan bantahan yg logis...

    pemerintah, tolong pajak rokok dinaikan 5 kali lipat..gemes juga lama2 ama perokok...sering gak punya toleransi ama orang di sekitarnya yang gak merokok, brengsek...mdh2an mereka dapat balasan yg setimpal akibat perbuatan mereka menganiaya orang lain...

    BalasHapus
  2. i hate smoker!!!

    BalasHapus
  3. Merokok memang sebuah kebiasaan yang merugikan. Bukan hanya merugikan sipelaku, akan tetapi juga merugikan orang sekitarnya. Alhamdulillah MUI sudah mengharamkan Rokok.

    BalasHapus
  4. GigiSehatBadanSehat4 Agustus 2010 06.40

    betul..
    kalo pun tidak diharamkan, sudah sepatutnya kebiasaan merokok ditinggalkan.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama