Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 19 Januari 2010

Menyusui Dapat Menurunkan Resiko Masalah Kesehatan Mental

mom baby
Sebuah penelitian dari Australia memaparkan satu lagi keajaiban yang dapat diberikan oleh kegiatan menyusui. Ternyata menyusui yang dilakukan selama lebih dari 6 bulan dapat menurunkan resiko masalah kesehatan mental di kemudian harinya.

Penelitian yang dilakukan oleh Telethon Institute for Child Health Research di Perth ini mengumpulkan data dari 2.366 anak. Tiap anak akan melalui pemeriksaan kesehatan mental ketika mereka berumur 2, 5, 8, 10, dan 14.

Dalam penelitian ini, 11% dari anak-anak yang diperiksa tidak pernah disusui, 38% disusui kurang dari 6 bulan, dan lebih dari setengahnya disusui lebih dari 6 bulan.

Pada setiap tahap pemeriksaan, peneliti menemukan bahwa bayi yang disusui dalam jangka waktu yang pendek memiliki tingkah laku yang buruk yang dapat diterjemahkan sebagai suatu depresi dan agresi. Semakin lama jangka waktu menysui, maka terlihat tingkah laku anak menunjukkan adanya perbaikan.

Pada umumnya, ibu yang menyusui anaknya kurang dari 6 bulan adalah ibu-ibu yang masih sangat muda, tingkat pendidikannya kurang, golongan ekonomi rendah, memiliki tingkat stress yang lebih tinggi, dan cenderung perokok. Selain itu, mereka juga cenderung mengalami post partum depression dan bayi mereka cenderung mengalami gangguan pertumbuhan.
mom baby

Ditemukan bahwa kegiatan menyusui dapat membantu bayi untuk dapat menangani rasa stress dan memperlihatkan adanya ikatan antara ibu dan anak yang lebih kuat yang akan memberikan keuntungan jangka panjang sampai sang anak tumbuh dewasa.


Source: Breast feeding for over six months could aid mental health




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama