Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 08 Januari 2010

Ingin Membantu Pasangan Untuk Berhenti Merokok?

stop smoking
Apabila orang yang Anda kenal dekat memiliki keinginan untuk berhenti merokok, ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan untuk membantunya. Yang cukup penting dalam proses ini adalah dengan memberi dukungan penuh dan jadilah pendengar yang baik. Beri ide-ide untuk melakukan kegiatan yang membuatnya tetap aktif sehingga dia terjauhi dari godaan menyalakan rokok.

Membantu dia untuk memutuskan berhenti merokok
Anda dapat mendorong dia untuk memiliki keinginan berhenti merokok tentunya dengan kelembutan. Pikirkan agar semua komentar Anda tentang rokok adalah hanya untuk menggerakan dia menghentikan kebiasaannya.
  • Mulai diskusi apapun tentang berhenti merokok dengan cara yang lembut.
  • Berikan pula alasan kenapa Anda ingin dia berhenti merokok dan bagaimana hal ini juga penting untuk diri Anda sendiri. Misalnya "Saya ingin kita bersama untuk waktu yang lebih lama," bukan seperti "Saya lelah membersihkan asbak kamu yang kotor itu."
  • Salah satu cara yang bagus untuk memulai diskusi adalah dengan menyebutkan pilihan perawatan terbaru untuk menghentikan kebiasaan merokok yang pernah Anda dengar.
  • Buat diskusi cukup singkat (kurang dari 5 menit).
  • Tanyakan apakah ada yang dapat Anda lakukan untuk membantunya.
  • Lakukan usaha ini tiap 6 sampai 12 bulan.


Membantu dia yang mulai mencoba berhenti merokok
Keluarga dan teman adalah sumber pemberi semangat dan motivasi yang penting untuk berhenti merokok. Sementara itu, kerabat yang telah berhasil berhenti merokok juga dapat memberikan kontribusi yang cukup besar dengan memberikan tips-tips tentang bagaimana cara dia berhenti merokok.

Apabila pasangan Anda meminta dukungan Anda untuk berhenti merokok, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:
  • Bantu alihkan perhatiannya. Ikut bergabung dalam usaha-usaha yang dia lakukan untuk mengurangi keinginannya merokok, misalnya berjalan kaki setelah makan siang, atau ketika dia melakukan hobinya.
  • Abaikan gerutuannya. Lakukan yang terbaik yang dapat Anda lakukan dalam menghadapi bad mood-nya. Bad mood ini tidak akan bertahan selamanya.
  • Berikan suatu penghargaan ketika dia berhasil mencapai suatu target dalam usahanya ini.
  • Tanyakan kepadanya apa yang dia butuhkan dari Anda.
  • Apabila Anda sendiri merokok, janganlah merokok di dekatnya. Jangan tawarkan rokok kepadanya, walaupun itu hanya gurauan. Sembunyikan rokok Anda sebaik-baiknya.
  • Apabila Anda mantan perokok, seringlah berbicara tentang perubahan positif yang terjadi pada kesehatan maupun kehidupan Anda. Ceritakan pula saat-saat dimana Anda merasa sangat kesulitan untuk tidak merokok dan bagaimana cara Anda mengatasinya.


Membantu dia yang kembali merokok
Kebanyakan orang harus melakukan usaha berhenti merokok sampai beberapa kali sampai dia benar-benar menghentikan kebiasaannya. Jangan menyerah! Yang dapat Anda lakukan:
stop smoking
  • Puji dan hargai usahanya untuk berhenti merokok berapa pun lamanya telah dia lakukan (beberapa bulan, minggu ataupun hanya beberapa hari).
  • Dorong dan dukung dia untuk mencoba melakukannya lagi. Penelitian memperlihatkan kebanyakan orang yang gagal berhenti merokok akan mencobanya lagi dalam waktu dekat.
  • Dorong dia untuk belajar dari kegagalan di usaha sebelumnya. Hal ini akan membantu dia untuk berhasil pada usaha yang berikutnya.
  • Usulkan kepadanya untuk mempertimbangkan melakukan perawatan yang lebih intensif ketika dia siap untuk mencobanya lagi.

Berhenti merokok bukanlah suatu hal yang mudah, jadi jangan pernah mengkritik pasangan Anda yang kembali kepada kebiasaan buruknya ini.


Source: 16 Ways to Help a Loved One Quit Smoking




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

4 komentar:

  1. Cocok nihy buat istri saya mbak. hehehe

    BalasHapus
  2. trima ksh nih infonya...
    dicoba ah, doakan sukses...

    BalasHapus
  3. terima kasih ya saran nya..

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama