Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 16 Desember 2009

Menyusui Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Diabetes

mom baby
Menyusui tidak hanya bermanfaat bagi bayi tapi juga dapat memberikan keuntungan kesehatan jangka panjang bagi sang ibu. Sebuah penelitian baru menyatakan bahwa dengan menyusui maka sang ibu akan dapat menurunkan resikonya menderita penyakit jantung dan diabetes dibandingkan dengan ibu yang hanya memberika susu botol untuk bayinya.

Para peneliti menemukan bahwa dari 700 wanita yang dipantau selama 20 tahun, mereka yang menyusui anaknya lebih kecil kemungkinannya untuk mendapat sindrom metabolik, faktor resiko dari diabetes tipe 2 dan penyakit jantung yang meliputi obesitas pada daerah perut, peningkatan tekanan darah dan gula darah, tingkat kolesterol HDL yang lebih rendah dan peningkatan trigliserid.

Selain itu, ditemukan pula bahwa efek positif ini tampak lebih kuat pada wanita yang pernah memiliki riwayat gestational diabetes, sejenis diabetes yang terjadi selama masa kehamilan dan hilang setelah melahirkan.

Berat badan yang berlebihan berhubungan erat dengan penyakit diabetes tipe 2. Menyusui mungkin adalah cara yang dapat dilakukan untuk membantu wanita mengurangi berat badannya setelah melahirkan.
mom baby

Namun, mungkin ada efek metabolik lain yang dapat menjelaskan kenapa menyusui dapat mengurangi resiko terjadinya sindrom metabolik ini. Ada kemungkinan juga bahwa menyusui memiliki efek positif terhadap tingkat gula darah, dan bagaimana lemak didistribusikan ke seluruh tubuh.


Breastfeeding may curb heart, diabetes risk factors




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

4 komentar:

  1. asi memang yg terbaik...

    BalasHapus
  2. sayangnya semakin jarang wanita sekarang yang
    mau menyusui ibunya.
    apalagi kantor tidak membolehkan wanita menyusui untuk cuti.

    BalasHapus
  3. kalo menurut saya kantor yg tidak membolehkan cuti menyusui tidak bisa dijadikan alasan.

    setelah pulang kantor, ibu bisa menyusui anaknya..dan sebelum berangkat ke kantor, ibu bisa menyediakan pasokan asi bagi sang bayi. asi bisa disimpan di kulkas juga agar lebih awet...

    dengan begitu produksi asi dapat terus lancar, abyi bisa mendapatkan manfaat asinya pula.

    BalasHapus
  4. wah, saya baru tahu tuh.. nice info bos..^^

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama