Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 26 Desember 2009

Brittany Murphy dan Cardiac Arrest

brittany murphy
Kematian aktris Brittany Murphy mengejutkan semua orang. Di usianya yang masih 32 tahun, Murphy dinyatakan meninggal akibat cardiac arrest pada hari Minggu kemarin di kediamannya di Los Angeles. Apa itu cardiac arrest? Dapatkah kematian mendadak seperti ini terjadi pada diri kita? Bagaimana pencegahannya?

Brittany Murphy, aktris muda yang namanya populer berkat perannya Clueless dan 8 Mile ini dinyatakan meninggal pada pukul 10:04 pagi di Cedars-Sinai Medical Center. Murphy dilarikan ke rumah sakit tersebut setelah sebelumnya ada panggilan darurat sekitar pukul 8 pagi dari kediamannya di Hollywood Hills yang ditinggalinya bersama suaminya Simon Monjack, seorang penulis naskah dari Inggris. Murphy ditemukan terjatuh di kamar mandinya.

Apa itu cardiac arrest? cardiac arrest merupakan suatu kondisi dimana sirkulasi darah berhenti akbiat jantung yang gagal untuk berkontraksi dengan efektif. Cardiac arrest disebut juga dengan istilah sudden cardiac death.

Jantung kita memiliki sistem elektrik internal yang mengatur irama dari detak jantung. Irama detak jantung ini dapat mengalami gangguan yang disebut dengan istilah arrhytmia.

Ada beberapa jenis arrhytmia. Ketika terjadi arrhytmia, jantung dapat berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau bahkan berhenti. Cardiac arrest terjadi ketika jantung mengalami arrhytmia yang menyebabkannya berhenti berdetak. Kondisi ini berbeda dengan serangan jantung. Pada serangan jantung, jantung masih terus berdetak namun aliran darah ke jantung terhambat.

Penyebab cardiac arrest bermacam-macam, diantaranya penyakit jantung koroner (penyebab utama), serangan jantung, sengatan listrik, tenggelam, tersedak, dan berbagai kondisi medis lainnya.

Pertolongan medis harus diberikan sesegera mungkin untuk menyelamatkan korban. Tanpa pertolongan medis, korban akan meninggal dalam beberapa menit. Pertolongan medis yang biasa diberikan adalah CPR (cardiopulmonary resuscitation) dan defibrillation (pemberian electric shock untuk menormalkan irama detak jantung).

Faktor resiko cardiac arrest hampir mirip dengan kondisi penyakit jantung koroner, diantaranya kebiasaan merokok, kurangnya aktivitas fisik atau olah raga, obesitas, diabetes, ataupun ada riwayat keluarga.

heartOleh karena itu, usaha pencegahan yang penting untuk dilakukan adalah dengan memiliki pola makan yang sehat, olah raga, dan menghentikan kebiasaan merokok. Bagi orang-orang yang memiliki resiko penyakit jantung, penting bagi mereka untuk mengendalikan tekanan darah, kadar kolesterol, dan terus berkonsultasi dengan ahli jantungnya.



Source: Brittany Murphy Dies at 32




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. rest in peace brittany...

    BalasHapus
  2. mengingatkan kita, kematian bisa datang kapan pun dan gak diduga-duga...

    BalasHapus
  3. Waduh, mgeri juga penyakit cardiac arrest ini. Jadi inget kalo sekarang saya juga kurang olah raga

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama