Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 04 November 2009

Yang Pahit Juga Dapat Merusak Gigi

tooth enamel
Tidak hanya asam yang dapat mengikis struktur jaringan keras gigi. Sebuah penelitian di Swedia menemukan bahwa substansi dengan kadar PH yang tinggi alias pahit ternyata juga dapat merusak gigi.

Penelitian yang dilakukan oleh Sahlgrenska Academy dari University of Gothenburg memperlihatkan substansi alkalin yang kuat dapat menghancurkan bahan-bahan organik yang terkandung di dalam jaringan keras gigi sehingga membuat strukturnya menjadi lebih lemah.

Dalam penelitian ini, gigi yang telah dicabut diberikan paparan larutan alkalin lalu sampel email gigi diperiksa menggunakan mikroskop elektron dan dianalisis menggunakan berbagai metode spektroskopik.

Ditemukan bahwa materi organik yang terdapat pada permukaan gigi larut dengan cepat, permukaan email pun menjadi lebih berporus. Kerusakan seperti ini menandai terjadinya peningkatan resiko karies atau kerusakan struktur jaringan keras gigi.

Kerusakan gigi akibat substansi alkalin mungkin tidak seumum seperti yang ditimbulkan oleh substansi asam. Biasanya paparan gigi terhadap substansi yang sangat alkalin dapat terjadi di industri-industri atau tempat kerja yang menggunakan bahan tersebut dimana para pekerjanya lalai atau tidak dilengkapi perlengkapan pelindung yang memadai.


Source: Exposure To Alkaline Substances Can Result In Damaged Teeth




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

2 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama