Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 13 November 2009

Olah Raga Ketika Sedang Flu

walk exercisePenyakit flu sering hadir di cuaca dingin seperti musim hujan sekarang ini. Agar kita dapat terhindar dari penyakit flu musiman, olah raga bisa jadi merupakan salah satu kuncinya. Olah raga yang seperti apa?


Juru bicara dari American College of Sports Medicine, David Nieman, mengatakan penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berolah raga paling sedikit 45 menit sebanyak empat hari atau lebih dalam seminggu ternyata mengambil waktu cuti sakit lebih sedikit 25 sampai 50 persen.

Namun, bagaimana apabila kita sudah terlanjur terserang flu? Haruskan kita tetap berolah raga di saat sedang sakit ini? Nieman memberikan anjuran berikut:

Apabila flu hanya menyerang kepala dan belum sampai ke dada, Anda bebas untuk berolah raga seperti biasa.
Jangan memaksakan diri Anda. Tidak perlu jogging, berjalan kaki saja juga sudah cukup. Penelitian menunjukkan olah raga moderat atau tingkat sedang tidak baik jika dilakukan ketika sedang flu.
walk exerciseJika gejala flu yang ada lebih dari sekedar pilek, tetaplah berada di tempat tidur untuk beristirahat.
Jangan terburu-buru untuk berolah raga selama masa pemulihan dari sakit. Ambil waktu selama beberapa minggu baru Anda kembali berolah raga seperti biasa.


Source: American College of Sports Medicine




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. siipp..
    ayo kita olah raga...tapi jangan sambil ujan-ujanan yach...

    BalasHapus
  2. semangat!!!!! jangan sampe sakit!

    BalasHapus
  3. lagi flu nih, tapi tetap olahraga, blogwalking, blogrunning :D

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama