Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 03 November 2009

Bahaya Sinar X Bagi Jantung

cephalometric x-ray
Kita tidak boleh menganggap remeh penggunaan sinar X di bidang kedokteran maupun kedokteran gigi. Menurut sebuah penelitian baru, bahkan dosis rendah radiasi dari sinar X dapat memicu penyakit jantung maupun stroke.

Tim yang dipimpin oleh Dr. Mark Little dari Imperial College London telah menyusun sebuah model matematis untuk mengetahui resiko yang berhubungan dengan latar belakang radiasi tingkat rendah.

Tim menemukan bahwa radiasi sinar X dapat membunuh monosit (salah satu jenis sel darah putih) yang terdapat pada dinding arteri. Hal ini ternyata dapat mengakibatkan meningkatnya kadar monocyte chemo-attractant protein 1 (MCP-1) yang dapat mengarah kepada penyakit kardiovaskular.

Penulis mengatakan resiko yang didapat dari paparan radiasi sinar X tingkat rendah, seperti yang terdapat pada bidang kedokteran maupun kedokteran gigi, mungkin lebih besar dari yang sudah kita perkirakan sampai sekarang.


Dental X-rays can harm heart, suggests study



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama