Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 23 November 2009

Apabila Gigi Bayi Mulai Keluar

teething
Ketika gigi bayi mulai keluar dari gusinya atau dikenal dengan istilah teething, pada umumnya bayi akan merasakan perih atau sakit, dan gusi disekitar gigi yang tumbuh akan mengalami pembengkakan. Bayi pun sering menjadi gelisah dan ngambek. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menolong bayi Anda?

Nemours Foundation memberikan anjuran berikut agar bayi merasa lebih nyaman ketika giginya mulai keluar:
  • Gunakan kain basah yang hangat untuk melap wajah bayi Anda dan membersihkan liur yang keluar dari mulutnya. Hal ini dapat membantu untuk mencegah terjadinya ruam pada wajah.
  • Berikan bayi sesuatu yang dapat dipegang untuk menenangkannya. Misalnya teething ring atau Anda dapat memberikan kain basah yang sudah dimasukkan ke dalam freezer selama 30 menit. Pastikan kain ini dicuci setelah digunakan.
  • Berikan pijatan pada gusi bayi dengan menggunakan jari, pastikan jari Anda bersih.
  • Apabila Anda merasa sangat butuh, tanya dokter Anda apakah aman untuk memberikan parasetamol pada bayi Anda. Pastikan dokter Anda telah menyetujui dosis dan frekuensi penggunaannya.
teething ring
Yang perlu Anda ingat, jangan pernah mengkalungkan atau mengikat teething ring ke bayi Anda apalagi ke lehernya. Hal ini dapat membuat bayi Anda tercekik.


Source: Health Tip: When Baby Is Teething



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

4 komentar:

  1. infonya bermanfaat nih...
    trims

    BalasHapus
  2. blog yang bermanfaat..
    boleh tukeran link ??? :)

    BalasHapus
  3. Saia pernah melihara bayi kucing
    Ternyata kucing juga ganti gigi kayak manusia
    Hihihi............
    ______________________________________________
    Tidak menolak kunjungan Anda ke blog saia yang lain di http://rizaherbal.wordpress.com/

    BalasHapus
  4. GigiSehatBadanSehat24 November 2009 16.23

    @putra:
    aduh, maaf banget...kita uda gak ikutan tuker2an link lagi...
    dulu pernah bikin, tapi halaman link nya gak tau kenapa tiba2 jadi kacau...kan kalo gak salah ama google emang gak dianjurin ningkatin page rank pake tuker2an link...

    maaf ya, salam kenal

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama