Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 19 Oktober 2009

Tips Aman Menggunakan Kosmetik

mascaraKosmetik kelihatannya bukanlah barang berbahaya bagi kesehatan. Namun, National Women's Health Information Center milik Amerika Serikat mengatakan bahwa kandungan bahan kimia pengawet maupun pengharum yang ada di dalamnya bisa saja menimbulkan masalah. Masalah yang juga cukup umum terjadi adalah tergoresnya mata oleh karena penggunaan maskara. Berikut ini adalah tips aman penggunaan kosmetik yang diberikan oleh pusat informasi tersebut.


Jangan aplikasikan make up di dalam kendaraan yang sedang bergerak.
Rem mendadak ataupun perubahan kecepatan kendaraan bisa saja mengakibatkan cedera yang serius, termasuk tergoresnya bola mata Anda.

Gunakan kosmetik Anda sendiri, dan jangan pernah Anda pinjamkan ke orang lain.
Hal ini dapat mengakibatkan menyebarnya kuman-kuman penyakit, baik ke diri Anda maupun ke orang lain yang ikut menggunakan kosmetik tersebut.

Simpan kosmetik dengan aman dan benar.
Tutup dengan rapat, lindungi dari panas dan sinar matahari. Panas dan sinar matahari dapat merusak bahan pengawet di dalamnya yang berfungsi untuk membunuh kuman.

Jangan pakai kosmetik ketika Anda sedang mengalami infeksi mata.
Hal ini untuk mencegah re-infeksi ketika Anda menggunakan kembali kosmetik tersebut. Dan jangan gunakan lagi kosmetik yang Anda pakai sebelum infeksi terjadi, karena bisa jadi kosmetik tersebut yang menjadi penyebab infeksi Anda.

Jangan pakai kosmetik yang sudah sangat lama.
Buanglah kosmetik yang sudah mengalami perubahan bau ataupun warna.

Hati-hati, jangan menghirup produk powder ataupun spray.
make-upHal ini dapat berbahaya bagi paru-paru Anda.

Gunakan produk yang sudah disetujui.
Anda harus yakin dengan tingkat keamanan kosmetik yang Anda pakai. Gunakan selalu produk kosmetik yang sudah disetujui oleh badan-badan kesehatan.


Source: Health Tip: Use Cosmetics Safely



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. betul..betul...suka kecolok maskara nih...

    BalasHapus
  2. betul bgt artikelnya. pernah lipstik meleleh gr2 kena panas..

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama