Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 01 Oktober 2009

Tidak Dapat Memperoleh Kalsium?

milkKalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Namun, bagi beberapa orang seperti orang yang intolerant terhadap laktosa ataupun bagi vegetarian, mungkin agak bingung darimana mereka mendapatkan asupan kalsium selain dari susu.


Orang yang intolerant terhadap laktosa tidak memiliki enzim laktase yang cukup di saluran pencernaannya untuk membantu mencerna laktosa. Laktosa biasanya terdapat di dalam produk-produk susu.

Apabila orang dengan kondisi ini mengkonsumsi susu ataupun produk-produk susu yang lain, biasanya dia akan memperlihatkan gejala-gejala seperti banyak mengeluarkan gas, kembung, sakit perut, ataupun diare.

Untungnya, sekarang sudah ada produk-produk susu yang rendah laktosa atau bahkan bebas laktosa. Biasanya hal ini dapat diketahui dari petunjuk yang terdapat di dalam kemasan produk tersebut. Selain itu, keju yang keras seperti keju cheddar biasanya hanya mengandung sedikit laktosa. Yoghurt yang mengandung kultur aktif biasanya juga lebih mudah dicerna dan jarang menimbulkan masalah yang berhubungan dengan laktosa.

Bagi Anda yang vegetarian, Anda dapat memperoleh kalsium dari makanan selain yang berasal dari hewan. Selain susu, kalsium juga terkadung di dalam makanan berikut:
  • brokoli
  • sayur-sayuran berwarna hijau gelap
  • makanan yang terbuat dari kacang kedelai
  • ikan atau ayam dengan tulang lunak


Suplemen Kalsium

Sangat dianjurkan untuk memperoleh kalsium secara alami dari asupan makanan yang kaya akan kalsium. Namun, terkadang hal tersebut tidak memungkinkan bagi beberapa orang. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai penggunaan suplemen kalsium apabila Anda merasa asupan kalsium Anda kurang.


Vitamin D

Vitamin D sangat penting dan diperlukan untuk penyerapan kalsium. Vitamin D dihasilkan ketika kulit terpapar sinar matahari, dan terdapat pula di dalam makanan seperti ikan, kuning telur, dan produk-produk susu yang sudah ditambahkan vitamin dan mineral.


Olah Raga
broccoli
Olah raga yang teratur juga sangat penting untuk kesehatan tulang. Olah raga seperti lompat tali, jogging, ataupun jalan kaki dapat membantu perkembangan dan kesehatan tulang. Bahkan, menurut beberapa penelitian olah raga mungkin berpengaruh lebih besar terhadap kesehatan tulang dibandingkan dengan asupan kalsium.



Source: Calcium



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

5 komentar:

  1. wah hanks banget infonya..

    bisa juga minum susu kedelai y..

    thanks juga udah ngunjungin blog aq

    BalasHapus
  2. GigiSehatBadanSehat3 Oktober 2009 09.55

    iya...
    bisa juga minum susu kedelai...lebih murah ya..

    BalasHapus
  3. kalsium alami lebih baik lho daripada susu kalsium tinggi..

    BalasHapus
  4. terimakasih atas artikelnya, artikelnya bagus dan sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  5. wow,, mantap bener artikelnya gan. thanks ya.. sangat bermanfaat..

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama