Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 15 Oktober 2009

Tidak Ada Alasan Untuk Tidak Berolah Raga

Semua tahu bahwa kita perlu sekali berolah raga secara rutin untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun, orang banyak sekali memiliki alasan untuk menghindarinya. American Diabetes Association menampik semua alasan tersebut dan memberikan solusi bagaimana agar kita dapat melaksanakan olah raga secara rutin.


Tidak punya waktu
Banyak orang yang menghindari olah raga karena padatnya jadwal kegiatan sehari-hari. Cobalah berolah raga hanya dengan 10 menit sehari. 10 menit tentunya bukanlah waktu yang panjang yang akan menghabiskan hari Anda. Lama-kelamaan, Anda akan merasa bahwa 10 menit itu kurang. Anda dapat memperpanjang durasi waktu berolah raga Anda menjadi 15, 30 ataupun 1 jam.

Malas dan lelah setelah seharian bekerja
Apabila Anda merasa lelah setelah seharian beraktivitas, Anda dapat meletakkan jadwal olah raga Anda di pagi hari ataupun ketika istirahat makan siang.

Tidak punya pakaian khusus olah raga
Anda tidak perlu pakaian khusus untuk berolah raga. Pilih pakaian apapun yang terasa nyaman untuk bergerak dan melakukan aktivitas fisik. Beberapa olah raga di dalam rumah juga tidak memerlukan sepatu khusus untuk berolah raga.

Malu untuk berolah raga
Apabila Anda merasa malu, Anda dapat melakukan olah raga sendiri di rumah. Lompat tali, push up, sit up, ataupun sambil menonton video aerobik.

Takut badan sakit atau pegal
Lakukan olah raga secara bertahap dan perlahan. Mulailah dengan olah raga yang ringan dan jangan lupa untuk melakukan peregangan atau pemanasan dan pendinginan.

Cuaca buruk
Olah raga tidak perlu dilakukan di luar rumah. Aktivitas fisik juga dapat dilakukan di dalam ruangan. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi pusat kebugaran yang seperti tempat fitness ataupun kolam renang indoor.

Bosan berolah raga
Hindari kebosanan berolah raga dengan memberikan variasi pada jenis olah raga yang Anda lakukan. Dengan begitu, berolah raga akan terasa lebih menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan teman.


Tidak punya uang
Olah raga tidak selalu membutuhkan biaya. Anda dapat melakukan jalan kaki, jogging, ataupun mungkin latihan beban menggunakan barang-barang yang ada di rumah Anda.

Punya alasan lain kenapa Anda tidak berolah raga?


Source: Health Tip: Why Don't You Exercise?



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. oke . . . . let*s go . . . . mari berolahraga . . .

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama