Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 21 Oktober 2009

Jangan Langsung Beri Dia Parasetamol!

child feverDemam merupakan hal yang umum terjadi pada anak setelah anak divaksinasi. Untuk mencegah terjadinya demam, ada beberapa orang tua yang langsung memberikan obat penurun panas seperti parasetamol atau acetaminophen kepada anaknya setelah divaksinasi untuk mencegah terjadinya demam. Ilmuwan tidak menganjurkan hal ini.


Demam sebenarnya adalah respon normal dari tubuh anak dan merupakan bagian penting dari pembentukan sistem kekebalan tubuh yang memang kita harapkan terjadi setelah dilakukannya vaksinasi. Menurut sebuah penelitian, pemberian parasetamol kepada anak setelah divaksinasi akan mengganggu terjadinya respon ini.

Dr. Robert T. Chen, blood safety specialist dari U.S. Centers for Disease Control and Prevention, mengatakan bahwa sebaiknya kita jangan memberikan obat penurun panas untuk mencegah demam kepada anak yang baru divaksinasi, kecuali apabila memang ada rekomendasi dari dokter. Sebenarnya boleh-boleh saja memberikan anak obat penurun panas atau istilahnya antipiretik untuk mengatasi demam pada anak, karena demam yang tinggi bisa menjadi hal yang serius. Namun tidaklah dianjurkan untuk menggunakan obat ini sebagai upaya pencegahan.

Dalam penelitian ini, bayi yang diberikan parasetamol setelah dilakukan vaksinasi memang lebih sedikit yang mengalami demam. Namun, bayi-bayi tersebut ternyata memiliki lebih sedikit antibodi untuk melawan penyakit dibandingkan bayi yang tidak diberikan parasetamol, peneliti mencatat bahwa perbedaan ini cukup signifikan.

vaccine childJadi janganlah langsung memberikan anak Anda obat penurun panas setelah dilakukan vaksinasi dengan tujuan untuk mencegah demam. Namun, apabila Anda menemukan anak Anda mengalami demam setelah vaksinasi segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk menangani kondisi anak. Pada kondisi ini, mungkin dokter akan memperbolehkan dan memberikan rekomendasi untuk menggunakan obat penurun panas.


Source: Acetaminophen May Weaken Effectiveness of Kids' Vaccines


Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama