Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 28 September 2009

Ketombe

dandruffKetombe sebenarnya merupakan sel kulit kepala yang mati dan biasanya dapat terlihat jelas pada rambut maupun pakaian. Belum ada yang mengetahui penyebab pasti dari ketombe, walaupun beberapa penelitian memperlihatkan bahwa kondisi ini mungkin dipengaruhi oleh suatu jenis jamur.


Ketombe bukanlah penyakit menular ataupun berbahaya. Shampoo antiketombe yang terdapat di pasaran biasanya dapat mengurangi jumlah ketombe, biasanya shampoo ini mengandung bahan salicylic acid, zinc, tars, atau selenium sulfide.

Apabila rambut Anda berketombe, gunakanlah shampoo antiketombe selama paling tidak 5 menit dan lakukanlah pemijatan pada kulit kepala untuk membantu melepaskan sel kulit mati, namun jangan Anda menggaruknya. Selanjutnya bilas rambut Anda sampai bersih.dandruff

Apabila kondisi ketombe Anda tidak memperlihatkan perbaikan, konsultasikan dengan dokter Anda. Dokter mungkin akan memberikan resep shampoo dan mungkin juga lotion atau cairan untuk dioleskan ke kulit kepala.


Taking care of Your Hair



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. iya nih..uda pake sampo gak ilang2 juga...
    mesti ke dkter kayaknya...

    BalasHapus
  2. "...namun jangan Anda menggaruknya". Ini point penting kayaknya, kadang emang karna salah waktu menggunakan shampo bisa jadi nambah ketombe bukan mengurangi ketombe. Makasih infonya :)

    Regards,
    Ghustie Samosir

    www.hanyainfo.blogspot.com



    Ada bisnis menarik nih. Program bisnis investasi BCA dengan modal cuma Rp. 10.000,-
    Bisa dapetin 3 x lipat atau lebih (lumayan buat beli cendol :D)
    Gabung ya di www.investasibca.com

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama