Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 05 September 2009

Kafein Tanpa Diimbangi Pola Makan Sehat= Resiko Penyakit Jantung

coffee caffeineSebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang minum kopi dalam jumlah banyak tanpa diimbangi pola makan ala Mediteran cenderung memiliki kelainan jantung atrial fibrillation.


Peneliti dari Italia mengumpulkan informasi dari pasien yang baru didiagnosa menderita kelainan heart arrhythmia ini tentang kebiasaan diet atau pola makan, meliputi konsumsi kafein. Pola makan mereka lalu dibandingkan dengan orang-orang tanpa kelainan atrial fibrillation.

Asupan kopi dibagi menjadi beberapa kategori: rendah (satu cangkir/hari), sedang (dua cangkir/hari), berat (lebih dari tiga cangkir/hari), dan yang tidak mengkonsumsi kopi sama sekali.

Pasien juga dikelompokan berdasarkan pola makan sehat ala Mediteran yang sebagian besar berupa biji-bijian serealia utuh, minyak zaitun, buah dan sayur-sayuran serta meliputi sedikit daging merah.

Orang dengan atrial fibrillation cenderung tidak mengikuti pola makan sehat ini dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kelainan jantung. Selain itu, mereka yang menderita atrial fibrillation juga mengkonsumsi lebih banyak daging merah dan produk full-fat dairy.

Diketahui juga bahwa pasien dengan atrial fibrillation mendapatkan asupan antioksidan sebagian besar berasal dari kopi dibandingkan sumber antioksidan lain, seperti buah, sayur dan wine.

Penelitian ini juga menemukan bahwa peminum kopi berat juga lebih cenderung menderita atrial fibrillation dibandingkan dengan mereka yang meminum lebih sedikit.

Pada kondisi atrial fibrillation, bagian atrial dari jantung bergetar dan tidak berdetak dengan teratur. Hal ini mengarah kepada terjadinya gejala palpitasi jantung, nafas yang penmediterranean dietdek, rasa lelah, dan meningkatnya resiko stroke.

Rencananya penelitian ini akan dipresentasikan di momen tahunan European Society of Cardiology minggu ini.

Caffeine Without Healthy Diet Linked to Heart Risk



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. untuk kesehatan ambut dan mencegah kebotakan kunjungi : http://www.mediacerdas.com/2009/08/obat-penumbuh-rambut-no1-di-jepang.html

    BalasHapus
  2. trims infonya...
    intinya, makan makanan yang sehat, n segala sesuatu gak boleh berlebihan...

    BalasHapus
  3. jika dikatakan kafein tidak sama dengan doping, saya katakan ada benarnya ada salahnya, kafein membuat tubuh kita meminta dosis yang lebih tinggi, tapi tidak menyebakan ketergantunggan, jika kebnyakan dikhawatirkan kerja ginjal dapat terganggu

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama