Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 27 Agustus 2009

Lilin Parafin Merupakan Bahan Karsinogenik

candle dinnerLilin parafin yang terbuat dari petroleum banyak dipakai orang untuk berbagai kebutuhan diantaranya sebagai penerang, pengusir lalat, pengharum, ataupun pemberi nuansa hangat dan romantis di saat jamuan makan malam. Namun, menurut penelitian lilin parafin ternyata merupakan salah satu sumber polusi dalam ruangan dan memiliki efek karsinogenik alias dapat menyebabkan kanker.


Menurut sang peneliti, apabila lilin parafin hanya dipakai pada saat-saat tertentu mungkin polutan yang dikeluarkannya tidak akan mempengaruhi kesehatan Anda. Namun, apabila lilin parafin ini digunakan setiap hari selama bertahun-tahun, atau dinyalakan di dalam ruangan yang tidak berventilasi seperti di kamar mandi, maka lilin ini dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan Anda.

Selain dapat menimbulkan pengaruh yang serius, orang-orang yang alergi dengan parcandle dinnerafin juga dapat langsung memperlihatkan reaksi alergi dengan menyalakan lilin ini.

Dalam penelitian ini, R. Massoudi dan Amid Hamidi juga menemukan bahwa lilin lebah (beeswax) dan lilin yang terbuat dari kedelai (soy) lebih aman untuk dipakai karena tidak mengeluarkan polutan yang berbahaya bagi kesehatan, walaupun harganya memang lebih mahal.


Are Candles Making You Sick?



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. mohon info tentang beeswax, bagaimana cara mendapatkan dan pengolahanya. terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  2. GigiSehatBadanSehat27 September 2009 10.26

    lebih lengkap tentang pengolahan beeswax dapat Anda lihat di halaman berikut:
    http://www.buzzle.com/articles/how-to-make-beeswax-candles.html

    BalasHapus
  3. ehm.,pomade rata2 pake parafinn apakah berbahaya yaa

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama