Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 01 Agustus 2009

Kontoversi Keputusan FDA Tentang Amalgam

amalgamFood and Drug Administration atau FDA milik Amerika telah memberikan keputusan akhirnya mengenai bahan tambal amalgam. Namun, keputusan ini ternyata masih menimbulkan kontroversi.


FDA menyatakan bahwa untuk penggunaan sebagai bahan tambal gigi, elemen merkuri yang terdapat di dalam bahan tambal amalgam tidak berbahaya bagi pasien, walaupun sebelumnya sudah diketahui bahwa bahan merkuri dapat berbahaya apabila terpapar dalam jumlah besar.

Bahan tambal amalgam terbuat dari kombinasi merkuri dengan logam lain seperti perak, tembaga, dan timah. Dengan peraturan yang baru ini, amalgam diklasifikasikan ke golongan bahan Class II dengan resiko moderat atau resiko sedang yang memerlukan standar penanganan khusus.

Keputusan ini menerima tanggapan yang bermacam-macam. Lembaga American Dental Association (ADA) menyatakan dukungannya terhadap keputusan FDA. Namun, kelompok konsumen tetap tidak setuju penggunaan bahan merkuri sebagai bahan tambal, terutama dampaknya bagi anak dan janin dalam kandungan. Mereka mengharapkan FDA memberikan peringatan keras mengenai penggunaan bahan ini terhadap wanita hamil dan anak-anak.

Namun, kita tidak perlu khawatir akan bahaya merkuri yang terkandung dari bahan tambal ini. Karena tentunya FDA memberikan keputusannya berdasarkan hasil dari berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli di bidangnya. Selain itu, keputusan ini pun telah didukung oleh persatuan dokter gigi di Amerika (ADamalgamA).

Dengan penanganan yang benar dan tepat, bahan tambal amalgam dapat dikatakan aman serta telah memenuhi standar ataupun syarat-syarat sebagai sebagai bahan tambal gigi yang baik.

Mercury In Dental Fillings Not Harmful But Still Subject To Control, FDA Rules



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

4 komentar:

  1. GigiSehatBadanSehat9 Agustus 2009 12.07

    @gigi dan mulut:
    keputusan fda nya? iya, betul.

    saya sendiri juga cenderung mendukung fda dan ada. dengan penanganan yang baik, baik limbah maupun tambalannya, amalgam bisa menjadi bahan tambal yang aman. selain itu, amalgam juga relatif lebih kuat dan tahan lama dibandingkan dengan komposit.

    apalagi bahan tambal amalgam relatif lebih murah dibanding komposit, jadi cocok dengan kondisi masyarakat indonesia.

    namun sekarang, komposit juga terus mengalami perkembangan sehingga juga bisa menjadi tambalan yang juga baik dan tahan lama.

    masing2 bahan tambal tentu ada kelebihan dan kekurangan..tugas kita untuk memberikan informasi dan masukan2 ke pasien mengenai bahan tambl yg terbaik dan cocok untuk kondisi dan keinginan mereka.

    BalasHapus
  2. kebetulan skripsi saya ttg kontroversi ini..saya jg dukung FDA dan ADA, dan keamanan amalgam dpt dijelaskan secara ilmiah koq..

    BalasHapus
  3. betul sekali, bila diolah sesuai prosedur, tidak ada yang perlu ditakutkan dengan bahan tambal amalgam. insyaallah aman dan bisa menjadi tambalan gigi yang baik dan tahan lama...

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama