Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 23 Juli 2009

Pertama Kalinya Ilmuwan Dapat Membuat Sperma

spermPara ilmuwan di Newcastle menyatakan bahwa mereka adalah yang pertama kali di dunia yang dapat membuat sperma di laboratorium. Mereka yakin temuan mereka ini dapat membantu para pria yang memiliki masalah kesuburan namun ingin memiliki anak yang secara genetik adalah keturunannya sendiri.


Bagaimana mereka dapat membuat sperma yang alaminya merupakan sel yang dibentuk di dalam tubuh? Mereka memulai pembuatan sperma ini dengan stem cell yang didapat dari embrio manusia yang disumbangkan dari suatu perawatan IVF.

Stem cell tersebut diambil ketika embrio berusia beberapa hari lalu disimpan di dalam tanki yang berisi nitrogen cair. Stem cell lalu dibawa ke suhu tubuh dan diletakkan di suatu campuran kimia agar mereka dapat tumbuh. Selanjutnya stem cell XY akan melalui proses meiosis dan membagi dua jumlah kromosomnya. Proses pembuatan dan pembentukan sperma ini memakan waktu 4 sampai 6 minggu.

Tim Newcastle menyatakan bahwa sperma yang mereka buat telah sepenuhnya matang dan mobile. Mereka juga telah mendokumentasikan temuan mereka ini dengan video. Namun, peneliti lain mengatakan bahwa sperma ini belum sepenuhnya berkembang. Selain itu, penggunaan stem cell dari embrio manusia tentunya masih kontroversial.

Tim Newcastle menyatakan bahwa mereka kira-kira membutuhkan waktu 5 tahun lagi sampai teknik ini disempurnakan.
sperm
Namun, yang saya tidak mengerti...kalau sperma ini berasal dari stem cell embrio, lantas anak hasil pembuahan sperma ini anak siapa ya? Anak embrio??

Scientists claim sperm 'first'




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

7 komentar:

  1. anaknya mbah surip. tak gendong kemana-mana. :D

    BalasHapus
  2. iya..bingung juga...
    spermanya berasal dari embrio, berarti kan bapaknya emang uda bisa punya anak kan..buktinya bisa ada embrio. knapa harus dibikin sperma lagi dari embrionya? embrionya gak bisa tumbuh ya? aneh2 aja itu ilmuwan inggris...

    BalasHapus
  3. Kemajuan teknologi semakin menggila setelah heboh dengan kloning sekarang ada lagi sperma buatan. Kalo dipikir pikir sebenernya sampai mana sih batas kemampuan manusia itu???

    BalasHapus
  4. aku rasa anaknya penyumbang stem cell..
    @kang admin:thx dah kunjung balik, baru bljar bikin blog, sekrang dah tak kasi kotak comment, klo da waktu comment balik y kang...

    BalasHapus
  5. @kang gilang:jelantik dari fkg unej '04, salam kenal kang. Blognya bagus buat tambahan referensiku... hehe..

    BalasHapus
  6. apa anak yg akan dilahirkan dari sperma buatan bisa normal ya?..!!...

    BalasHapus
  7. menarik postingannya...
    berarti sudah sangat maju ilmu kedokteran sekarang ini sperma aja bisa dibuat,,,ada harapan baru lagi bagi pria yang mengalami azoospermia, asthenozoospermia,,trim ya infonya
    salam
    fikri

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama