Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 28 Juli 2009

Amankah Fluoride Bagi Kesehatan?

toothpaste fluorideFluoride merupakan suatu bahan yang sangat dikenal untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Namun, apakah fluoride yang kita gunakan sehari-hari aman bagi kesehatan?


Semua pasta gigi yang ada haruslah mengandung fluoride. Fluoride dapat menguatkan gigi dan mencegah timbulnya lubang pada gigi. Selain terdapat pada pasta gigi, fluoride juga terdapat dalam jumlah kecil pada makanan dan minuman, seperti ikan, telur, daging, dan teh.

Fluoride sangat dianjurkan untuk dipakai semua orang, terutama:
  • Orang yang sedang atau pernah memiliki gigi yang berlubang.
  • Tidak atau sedikit memiliki akses ke dokter gigi.
  • Kebersihan mulut yang buruk.
  • Sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula atau karbohidrat.
  • Punya kebiasaan ngemil.
  • Sedang mengenakan kawat gigi, atau memiliki restorasi gigi seperti tambalan ataupun mahkota buatan.
  • Memiliki air liur yang sedikit atau kental.

Pada dasarnya, bila digunakan secara tepat fluoride ini aman untuk digunakan. Namun, apabila fluoride tertelan dalam jumlah besar dan terjadi dalam jangka waktu yang lama maka fluoride dapat berbahaya bagi kesehatan. Diantaranya dapat menimbulkan fluorosis gigi, dimana terjadi perubahan warna dan struktur email gigi. Dapat pula menimbulkan fluorosis tulang, kerapuhan pada tulang, serta kekakuan dan nyeri pada sendi.

Lebih ekstrim lagi, fluoride yang tertelan dalam jumlah yang sangat banyak dapat menimbulkan keracunan. Hal ini biasanya terjadi pada anak-anak. Misalnya apabila mereka menelan satu tube pasta gigi. Gejala keracunan fluoride diantaranya: mual, muntah darah, diare, sakit perut, banyak mengeluarkan air liur, mata berair, badan terasa lemas, nafas pendek, pusing, lelah, dan kejang-kejang.
fluorosis fluoride
Anak-anak cenderung sering menelan pasta gigi mereka karena pasta gigi anak-anak memiliki rasa yang enak. Oleh karena itu, orang tua sangat perlu mengingatkan anak-anaknya agar tidak menelan pasta gigi mereka ketika sedang menyikat gigi. Selain itu, apabila Anda mengkonsumsi tablet fluor untuk menguatkan gigi, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter gigi Anda agar penggunaannya tidak berlebihan.


What Is Fluoride? What Does Fluoride Do?



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

8 komentar:

  1. jadi yang lebih baik sikat gigi sebelum makan atau sesudah makan ???

    BalasHapus
  2. giginya kuning tuh....
    wah seni tatto di gigi ya ???

    BalasHapus
  3. tentunya yang bagus sikat gigi setelah makan donk...

    BalasHapus
  4. kalau bangun tidur langsung makan gak sikat dulu...
    ichhh... jorok. :D

    BalasHapus
  5. GigiSehatBadanSehat31 Juli 2009 09.37

    sikat gigi memang bagusnya setelah makan...
    kalo setelah bangun tidur mau langsung sarapan, gak papa kok..kan malamnya uda sikat gigi ya?

    namun, kalo ingin mulut terasa segar saat sarapan, boleh juga kok sikat gigi dulu sebelum sarapan. tapi jangan lupa, setelah sarapan sikat gigi lagi.

    kalo pagi2 blm sempat sarapan, dan sarapan telat sampai jm 10 atau 11, maka setelah bangun tidur juga tetep dianjurkan untuk sikat gigi.

    BalasHapus
  6. tipsnya bagus banget neh. makasi atas infonya.

    BalasHapus
  7. Sikat gigi yang sangat penting adalah "malam sebelum tidur", karena pada saat tidur produksi air liur kita berkurang jadi daya pembersihnya juga berkurang. Selain karena pada waktu siang harinya kita mungkin g sempat gosok gigi setelah makan karena terdesak waktu istirahat kerja.

    Klo salah tolong diralat bang/mbak semuanya...
    hehehe....

    BalasHapus
  8. GigiSehatBadanSehat9 Agustus 2009 11.53

    @gigi dan mulut:
    yup, itu betul...paling penting memang sebelum tidur...

    tapi anjurannya minimal tetap 2 kali sehari...sebelum tidur dan pagi hari (bisa setelah maupun sebelum sarapan, tergantung sikon-nya)..

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama