Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 03 Juni 2009

Perawatan Gusi Untuk Membantu Penderita Rematik

rheumatoid arthritisSebuah penelitian menyatakan bahwa penderita rematik parah (rheumatoid arthritis) dapat mengurangi rasa sakit sendi, jumlah pembengkakan sendi, dan tingkat kekakuan sendi di pagi hari apabila mereka mengatasi masalah gusi mereka.


Dengan mengurangi infeksi dan inflamasi pada gusi, pasien penderita rheumatoid arthritis aktif dalam jenis yang parah dilaporkan mengalami perbaikan pada kondisi penyakit tersebut.

Hal ini dilaporkan oleh para peneliti dari Case Western Reserve University School of Dental Medicine dan University Hospitals of Cleveland di dalam Journal of Periodontology.

Penelitian ini dilakukan terhadap 40 pasien penderita penyakit gusi dari tingkat sedang sampai parah yang juga menderita rheumatoid arthritis dalam bentuk parah.

Hasil penelitian memperlihatkan adanya perbaikan gejala rheumatoid arthritis pada pasien yang melakukan perawatan gusi berupa perawatan periodontal standar non-bedah untuk membersihkan dan menghilangkan infeksi dari jaringan tulang dan jaringan lunak.

Perbaikan yang lebih baik juga dialami oleh mereka yang mengkombinasikan perawatan gusi dengan pengobatan menggunakan obat anti-TNF-alpha untuk mencegah pembentukan TNF-alpha (tumor neurosis factor-alpha), sebuah marker adanya inflamasi dalam tubuh yang dapat memperburuk kondisi inflamasi yang ada.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendorong pasien penderita rematik untuk menyadari adanya hubungan antara penyakit periodontal atau penyakit gusi dengan rheumatoid arthritis.

Treating Gum Disease Helps Rheumatoid Arthritis Sufferers



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. terima kasih infonya...
    setelah baca2 blog ini, saya jadi makin sadar kalo kesehatan mulut yang selama ini agak saya sepelekan ternyata berkaitan erat dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan...

    keep blogging!

    BalasHapus
  2. oh...ternyata nyambung juga ya antara rematik sama radang gusi...makasi infonya ya..

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama