Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 17 Juni 2009

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

acneJerawat disebabkan oleh aktivitas kelenjar minyak yang berlebihan dan akumulasi minyak, kulit mati, serta bakteri. Semua hal ini dapat menimbulkan terjadinya inflamasi atau peradangan pada pori-pori kulit.


Kelenjar minyak dapat terstimulasi ketika hormon aktif selama masa pubertas, oleh karena itu banyak orang yang mendapat jerawat pada masa remaja mereka. Selain itu, jerawat juga sebagian dipengaruhi oleh genetik.

Walaupun tidak ada cara yang benar-benar ampuh untuk menghindari jerawat, Anda dapat mengikuti tips berikut:

  • Membersihkan kulit sangatlah penting untuk membersihkan minyak dan kulit mati yang menyumbat pori-pori. Namun, janganlah juga terlalu sering membersihkan wajah. Membersihkan wajah terlalu sering dapat menyebabkan kulit menjadi kering ataupun mengiritasi jerawat yang ada.
  • Setiap habis berkeringat, misalnya setelah olah raga, segeralah bersihkan wajah dan daerah yang rentan berjerawat lainnya untuk menghilangkan sisa keringat yang dapat menyumbat pori-pori.
  • Apabila wajah sangat mudah berjerawat, pilihlah make-up yang noncomedogenic atau nonacnegenic yang artinya mereka tidak menyumbat pori-pori.
  • acneApabila Anda sering menggunakan hair spray atau gel rambut, usahakan agar mereka tidak mengenai wajah Anda.
  • Apabila Anda memiliki jerawat di bagian dada atau punggung Anda, hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat karena dapat menimbulkan gesekan dan iritasi.




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

6 komentar:

  1. klo udah terlanjur berjerawat di punggung, gmn cara ngilanginnya?????
    gak boleh sering2 bersihin muka, jadi maksimal berapa kali??lebih baik ngebersihin pake sabun ato yang pake cream dulu bis tu astringent ato yang ane step itu? trus guna toner itu apa??
    maaaf, banyak nanya......

    BalasHapus
  2. thx buat informasinya
    kalo saya sih rajin cuci muka sama minum air putih .....

    BalasHapus
  3. hello kang :) ganti address neh. save yaa!

    anyway, tips2 ngilangin bekas jerawat donks :D

    BalasHapus
  4. GigiSehatBadanSehat18 Juni 2009 15.00

    @anonim:
    Pada dasarnya sama dengan perawatan jerawat di wajah...

    Di pasaran banyak beredar obat-obatan untuk mengatasi jerawat. Perlu waktu untuk mengetahui obat mana yang cocok dan efektif untuk mengatasi jerawat.

    Beberapa obat mungkin tidak berhasil mengatasi jerawat, beberapa ada pula yang menimbulkan iritasi. Apabila tidak ada obat di pasaran yang efektif untuk mengatasi jerawat, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit.

    Kebiasaan memecahkan jerawat sebenarnya tidak dianjurkan. Dengan menekan jerawat, besar kemungkinan nanah yang ada di dalamnya terdorong lebih dalam ke kulit sehingga dapat memperparah peradangan bahkan dapat menimbulkan bekas luka yang dapat bersifat permanen.

    ok, untuk sisanya nanti kami buatkan artikelnya ya tentang perawatan kulit sehari-hari

    @sewa mobil: sama2..mudah2an bermanfaat ya...

    @dako: wah..wah...yang lama emangnya kenapa dako? okeh, nanti dibikinin artikelnya ya...makasih...

    BalasHapus
  5. aQ juga mau info cara mengatasi jerawat yg dah ada skalian menghilangkan bekasNya

    BalasHapus
  6. GigiSehatBadanSehat12 Juli 2009 09.51

    @anonim:
    berbagai terapi untuk menghilangkan bekas jerawat bisa dilihat disini:
    http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2009/06/perawatan-bekas-jerawat.html

    kalo untuk menghilangkan jerawat yang sudah ada, bisa dengan menggunakan obat jerawat yang ada di pasaran. namun, tidak semua obat cocok dan berhasil untuk kita. langkah yang tepat, mungkin dengan berkosultasi dengan spesialis kulit. sehingga kita bisa tau terapi yang lebih tepat dan cocok untuk kita...

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama