Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 16 Juni 2009

Bruxism

bruxism attritionBruxism merupakan kebiasaan grinding (menggesek-gesekan gigi) ataupun clenching (mengatupkan rahang atas dan bawah kuat-kuat). Biasanya dilakukan secara tidak sadar ketika seseorang berada dalam situasi yang membuatnya merasa stres atau cemas, bahkan dapat pula dilakukan ketika sedang tidur.


Kebiasaan bruxism yang parah dapat membuat email di permukaan kunyah gigi menjadi menipis bahkan bisa menimbulkan keretakan pada struktur gigi dan merusak tambalan gigi yang ada. Akibatnya gigi-gigi akan terasa linu ketika makan atau minum. Kondisi ini biasanya terjadi pada lebih dari satu gigi.

Selain berpengaruh ke gigi, bruxism juga dapat menimbulkan gangguan pada sendi rahang, sakit kepala ketika bangun pagi, dan rasa sakit pada daerah wajah yang tidak jelas penyebabnya.


Penyebab Bruxism

  • Stress
  • Premature contact ataupun maloklusi
  • Cedera pada otak
  • Gejala penyakit saraf dan otot wajah
  • Efek samping obat-obatan psikiatrik (fluoxetine, sertraline dan paroxetine)
  • Rokok, alkohol, kafein


Terapi

Terapi bruxism ada bermacam-macam tergantung dari penyebabnya.

Stress:
Psikoterapi, teknik relaksasi, obat-obatan untuk relaksasi otot rahang. Apabila terapi konvensional ini tidak berhasil dapat dilakukan penyuntikan botulinum toxin (botox) untuk melemaskan otot rahang.

Maloklusi ataupun premature contact:
Occlusal adjustment, restorasi gigi (onlay atau crown), ortodontik.

Cedera otak atau penyakit saraf dan otot:
Dengan terapi konvesional, apabila tidak berhasil dilakukan penyuntikan botox.

Obat-obatan psikiatrik:
Mengganti obat ataupun menghentikan penggunaannya dan menggantinya dengan bentuk terapi yang lain.


Melindungi gigi dari kebiasaan bruxism
bruxism attrition night guard
Untuk mencegah kerusakan gigi akibat bruxism, dapat digunakan night guard. Night guard merupakan suatu plat yang dibuat untuk menutupi permukaan kunyah gigi. Alat ini dipakai ketika tidur untuk melindungi gigi dan menghentikan kebiasaan bruxism ketika tidur.



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

7 komentar:

  1. thx dok buat infonya....
    iya tuh temen saya kalo lagi tidur selalu bunyi giginya yang digesek itu....

    BalasHapus
  2. makasih... trus trang baru tahu kalo yang begituan namanya bruxism...
    oya, BTW blognya bagus.... makasih...

    BalasHapus
  3. GigiSehatBadanSehat17 Juni 2009 13.50

    @semuanya:
    terima kasih juga...

    iya, sebaiknya kalo kita tahu ada saudara atau teman yang suka menggesek-gesekkan giginya ketika tidur dianjurkan agar dia memeriksakan dirinya ke dokter gigi untuk dibuatkan night guard...

    kalo gigi-geliginya sudah keburu rusak, tentu perawatannya pasti akan lebih mahal...

    BalasHapus
  4. makasih bwt infonya yah, trs terang saja juga ngilu kalo ada yg tidur disebelah sy sambil menggeretakan gigi. mau tanya, kalau di jakarta utk beli night guard-nya dmn yah?dan harganya berkisar berapa?

    BalasHapus
  5. GigiSehatBadanSehat26 Oktober 2009 15.59

    @senyum manis:
    night guard itu sekarang ada 2 macam. ada yang dibikin khusus untuk pribadi, ada juga yang bikinan pabrik.

    untuk yang pribadi, dibikinnya melalui dokter gigi. jadi, tinggal datang ke dokter gigi, diperiksa, dilakukan mouth preparation, lalu dilakukan pencetakan rahang untuk kemudian dibuat night guard sesuai dengan bentuk gigi dan lengkung rahang pasien. hasilnya seperti gambar di atas.

    sedangkan untuk yang bikinan pabrik, biasanya sudah tersedia di dental shop dan dapat dipakai oleh siapapun karena sifatnya universal. namun, saya tidak menganjurkan untuk membelinya langsung. karena perawatan ini sebaiknya tetap dilakukan di bawah pengawasan dokter gigi.

    jadi, segera hubungi dokter gigi Anda apabila ingin melakukan perawatan ini. apabila ada dokter gigi spesialis periodonsia di kota Anda, itu akan lebih baik lagi.

    salam.

    BalasHapus
  6. Berapa harga night guard ini?

    BalasHapus
  7. Anak saya klo tidur giginya selalu bunyi spt sedang mengunyah makanan..apakah alat ini ada ukuran tuk anak2.usia anak saya hampir 7 thn.trims tuk infonya dok

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama