Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 03 Mei 2009

Tentang Radang Gusi

gingivitisGusi berdarah ataupun gusi bengkak biasanya merupakan tanda terjadinya proses radang pada gusi. Radang gusi merupakan tahap awal dari penyakit gusi dan merupakan tahap yang paling mudah untuk dirawat. Kerusakan yang diakibatkannya pun dapat diperbaiki seperti kondisi semula. Apa penyebab, tanda dan gejala lain, serta bagaimana mencegahnya?


Penyebab gusi meradang adalah plak, suatu substansi lunak, lengket dan tidak berwarna yang akan selalu terbentuk pada gigi dan gusi. Plak dapat mengeras menjadi karang gigi yang memiliki pemukaan kasar sehingga mempermudah plak lain untuk menempel di permukaannya.

Apabila tidak rutin dibersihkan, plak akan menimbulkan iritasi pada gusi sehingga gusi menjadi meradang. Iritasi ini diakibatkan oleh toksin atau racun yang dihasilkan oleh plak yang sebenarnya merupakan kumpulan bakteri rongga mulut.

Radang gusi yang tidak dirawat akan mengakibatkan menyebarnya proses radang ke jaringan pendukung gigi yang lebih dalam yang istilahnya dikenal dengan nama periodontitis. Kondisi periodontitis memang dapat dirawat, namun kerusakan yang ditimbulkannya bersifat permanen.


Apa tanda dan gejala dari radang gusi?
Tanda dan gejala klasik dari radang gusi adalah gusi yang menjadi kemerahan, bengkak, konsistensinya menjadi lunak dan gusi menjadi mudah berdarah ketika menyikat gigi. Tanda lain yang mungkin dapat terjadi adalah turunnya tepi gusi sehingga sebagian permukaan akar gigi menjadi terbuka.

Beberapa orang yang mengalami radang gusi juga dapat merasakan bau mulut yang tidak sedap ataupun rasa yang tidak enak pada mulut.


Bagaimana cara mencegah radang gusi?
Cara mencegah radang gusi adalah dengan menjaga kebersihan rongga mulut. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan diantaranya:
  • Rutin menyikat gigi dan flossing setiap hari dengan cara yang benar dan tepat.
  • Makan makanan yang bernutrisi untuk menjaga kesehatan gusi dan jaringan pendukung gigi lainnya.
  • Hindari kebiasaan merokok.
  • Rutin membersihkan gigi (skeling untuk membersihkan karang gigi dan plak) di dokter gigi paling tidak setiap 6 bulan sekali atau sesuai rekomendasi dari dokter gigi Anda.
Langkah-langkah tadi juga sekaligus merupakan langkah perawatan yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi kondisi radang gusi sebelum kondisi ini berkembang lebih lajut menjadi periodontitis.

What is Gingivitis? Signs and Symptoms




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

14 komentar:

  1. gigi gua kayanya mesti dicabut ya?..
    berapa sih biaya cabut gigi..

    BalasHapus
  2. GigiSehatBadanSehat3 Mei 2009 15.25

    tergantung mau cabut dimana...
    kalo mau yg murah mending di puskesmas aja, atau kampus fkg...

    kalo di kampus fkg unpad bandung cabut gigi kalo gak salah 10ribuan aja ditambah 10ribuan lagi buat obat...

    BalasHapus
  3. link sdh aq add bang. bs d cek. itu sdh benar ato nggak ??

    BalasHapus
  4. Kalo bersihin karang gigi tarifnya berapa? Menghilangkan bau mulut berapa, om? :D

    BalasHapus
  5. wah dok, gusi saya sama persis deh bentuknya kayak yang di foto...

    suka males sih sikat gigi malem...gimana yach??

    BalasHapus
  6. GigiSehatBadanSehat4 Mei 2009 21.26

    @90: sip uda bener...kami pasang juga ya link-nya..

    @heryantony: kalo bersihin karang gigi antara 10-20ribu..tergantung banyak gak-nya karang gigi. tapi koasnya suka baik kok, yg karang giginya banyak dilaporin dikit ke dokter jaganya, jadi cukup bayar 10ribu aja...

    wah, menghilangkan bau mulut mah perawatan pribadi di rumah...tapi mesti konsultasi dulu ke dokter ya. jadi tau penyebab bau mulutnya apa. beda penyebab, perawatannya pun beda...

    @donna: perlu dibiasaain donna...kalo uda jadi kebiasaan pasti gak jadi beban lagi..malah kayak ada yang kurang...

    BalasHapus
  7. Makasih om, buat jawabannya. Moga praktek profesinya cepet selese..

    BalasHapus
  8. gusi bawah ujung paling kanan,sbelah geraham saya bengkak..sakit buat kunyah makanan...kenapa ya?
    apa bisa gara2 geraham tumbuh..atau memang radang gusi..
    bagaimana cara penyembuhannya

    BalasHapus
  9. GigiSehatBadanSehat16 Juni 2009 11.27

    @denny:
    umurnya berapa mas? kalo sekitar 17 sampai 21 tahun...mungkin pembengkakan gusinya karena ada gigi yang mau numbuh...

    untuk meredakan iritasi ringan akibat gigi yang baru tumbuh ini, bisa dengan berkumur air garam hangat (setengah sendok teh garam dicampur satu cangkir air hangat) atau dengan mengkonsumsi obat pengurang sakit/analgesik (perhatikan dosis obat ya)..

    agar lebih yakin, sebaiknya kunjungi dokter gigi...karena gigi paling belakang tidak harus dipertahankan...ada berbagai pertimbangan yg mengharuskan gigi ini dicabut...

    BalasHapus
  10. 3 hari yang lalu saya cabut gigi, 2 hari sesudahnya tidak sakit dan tidak bengkak. kemudian pada hari ke 3 posisi tidur saya miring pada bagian gigi yg dicabut. Esoknya gusi saya bengkak. Kenapa ya?

    BalasHapus
  11. GigiSehatBadanSehat17 September 2009 15.06

    setelah dicabut biasanya dokter akan meresepkan antibiotik untuk mencegah infeksi pada luka bekas pencabutan.

    apakah obatnya sudah diminum sesuai aturan? apabila ya, kemungkinan antibiotik tersebut masih kurang adekuat untuk mencegah infeksi.

    hubungi kembali dokter Anda untuk kembali melakukan pemeriksaan.

    salam.

    BalasHapus
  12. kenapa merokok bisa jadi gingivitis? apa karena bisa menumpukkan plak? prosesnya gimana?
    btw, gingivitis jadi bahan laporan angi nih...

    btw lagi, di M3 angi ada operkulitis.. hmph gmn yaa? gilang kan tau angi males gosok gigi,, hehe... sikat gigi kodomonya udah ilang ga tau kemana, hahaha!!

    BalasHapus
  13. Gigi bagian dpan atas saya berlobang nah jg gr2 makan es sakit. . Apa harus sya tambal? Dan gi2 graham sy jg berlobang sdh lama sy biarin n kadang2 suka sakit blum sy tambal cz takut . . Apa kah tambal ada efek sampingnya?

    BalasHapus
  14. GigiSehatBadanSehat5 April 2011 08.10

    @anonim:
    tambal insyaAlloh tidak ada efek sampingnya. justru kalau tidak ditambal, efeknya lubang akan bertambah besar dan akan terjadi infeksi pulpa yg bisa berlanjut ke arah yg lebih parah, infeksi jaringan periodontal dan jaringan sekitar gigi.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama