Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 27 Mei 2009

Obat Untuk Menurunkan Resiko Amputasi Bagi Penderita Diabetes

amputationAda berbagai macam komplikasi kesehatan yang dapat dialami oleh penderita diabetes. Namun, satu hal yang paling ditakutkan oleh mereka adalah amputasi organ sebagai akibat komplikasi dari diabetes. Kini ada suatu obat yang dapat digunakan untuk menurunkan resiko tersebut.


Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes, dapat mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah dan saraf pada anggota tubuh bawah. Kerusakan ini akan berlanjut menjadi pembusukan jaringan yang akan mengharuskan untuk dilakukannya tindakan pemotongan organ tubuh yang busuk atau istilahnya amputasi.

Sebuah obat bernama fenofibrate, yang biasa digunakan untuk mengurangi kadar kolesterol, ternyata juga dapat digunakan untuk menurunkan resiko amputasi sekitar 36% bagi penderita diabetes. Hal ini merupakan hasil dari suatu penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal kedokteran Lancet.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Australia ini melibatkan 9.795 pasien diabetes dan dilakukan selama 5 tahun. Sekitar 4.895 pasien diberikan fenofibrate, obat penurun kolesterol yang diproduksi oleh produsen obat dari Belgia, Solvay. Sementara itu, pasien yang lain diberikan placebo penelitian.

Di akhir dari penelitian, 115 pasien diharuskan untuk dilakukan tindakan amputasi terhadap kaki mereka. Resiko amputasi yang pertama kali dilakukan dapat diturunkan sampai 36% bagi pasien yang diberikan fenofibrate dibandingkan dengan pasien yang diberikan placebo.

Hal ini tentunya bisa menjadi harapan baru bagi penderita diabetes, dan dapat mengubah perawatan standar sebagai langkah pencegahan terhadap tindakan amputasi.

Cholesterol Medication Cuts Risk for Amputation for Diabetics



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

5 komentar:

  1. diabetes, bener2 penyakit yang menakutkan....

    BalasHapus
  2. sebuah harapan baru bagi penderita diabetes....

    BalasHapus
  3. tak ada yang bisa dilakukan kecuali menjaga kesehatan dan berdoa tidak sampai terkena diabetes. ngeri, apalagi sampai di amputasi segala.

    oia kenalan dengan blog baru ya *nyodorin tangan* kok diem ce salaman donk. ditunggu kunjungan balik dan komentarnya terutama dalam tulisan 'manjakan mata...'. awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet

    BalasHapus
  4. GigiSehatBadanSehat29 Mei 2009 13.15

    @gadget: wah, takut dijitak pake tiang listrik..baiklah, meluncur ke tkp....

    BalasHapus
  5. Hi,

    Bila ingin bertanya tentang diabetes atau penyakit dalam bisa langsung klik di http://www.biomedikamataram.wordpress.com.
    didalam nya berisi konsultasi gratis dibidang medis.
    Salam

    Rony

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama