Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 11 Mei 2009

Membuat Kawat Gigi Agar Terlihat Menarik

orthodontic bracesAda berbagai manfaat dengan membuat kawat gigi tampil cantik dan menarik. Diantaranya dapat menambah rasa percaya diri dan meningkatkan motivasi untuk memakai kawat gigi khususnya bagi anak kecil ataupun remaja. Apa saja yang dapat dilakukan untuk mempercantik kawat gigi?


1. Plat Kawat Gigi Lepasan

kawat gigi lepasanWalaupun plat akrilik ini tidak terlihat dari luar, dengan membuatnya tampil menarik akan membuat pasien anak-anak lebih termotivasi untuk memakainya. Plat akrilik dapat dibuat dengan berbagai warna yang menarik, ditambahkan berbagai motif, gambar, atau sekedar glitter-glitter untuk membuatnya berkilauan.


2. Karet Bracket Kawat Gigi Cekat


karet kawat gigi cekatKawat gigi cekat dapat dibuat tampil menarik dengan menggunakan karet bracket yang berwarna-warni. Selain tersedia dalam berbagai pilihan warna, karet bracket juga tersedia dalam berbagai bentuk.



3. Bracket Kawat Gigi Cekat


berbagai macam bentuk bracketBracket dari kawat gigi cekat tersedia dalam berbagai bentuk yang menarik, misalnya bentuk hati, bintang, bunga, dan lain sebagainya. aksesoris bracketAda juga berbagai aksesoris berupa huruf ataupun gambar-gambar lucu yang dapat dipasangkan ke bracket. Hanya saja perlu diperhatikan, aksesoris-aksesoris ini mungkin dapat mempermudah melekatnya plak dan sisa makanan. Konsultasikanlah dengan dokter gigi Anda bagaimana cara menjaga kebersihannya agar gigi dan mulut tetap sehat.

bracket transparanBagi Anda yang ingin agar keindahan senyum Anda tidak terganggu oleh adanya bracket di gigi-gigi Anda, bracket kawat gigi juga dapat dibuat dari keramik yang berwarna putih ataupun transparan.bracket keramik







Blog drg. Linus





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

32 komentar:

  1. wow. Keren banget.Gak ngurangin cantik. Malah bisa gaya.
    Hebat ya, memang harus gini nih, karena dulu make kacamata juga malu, sekarang malah jadi gaya.
    Informasi yang menarik dok.

    BalasHapus
  2. kalau untuk anak2 cocoknya umur berapa ya dok?
    kalau dental floss belinya dimana ya? anak kecil umur berapa boleh pakai dental floss?
    thanks ...

    BalasHapus
  3. GigiSehatBadanSehat12 Mei 2009 13.34

    @yulia:
    iya, bahkan sekarang kalo ingin kawat giginya gak terlihat juga bisa. ada beberapa dokter gigi yang dapat memasang bracket di permukaan gigi sebelah dalam.

    ada juga perawatan ortodontik menggunakan aligner yang sama sekali tidak menggunakan kawat.



    @rani:
    sangat dianjurkan untuk memeriksa kondisi gigi yang tidak teratur (istilahnya maloklusi gigi) pada usia 6-7 tahun. karena biasanya gigi tetap anak sudah mulai tumbuh. dokter gigi akan memeriksa apakah ada kemungkinan gigi anak berkembang ke arah maloklusi.

    dari sini, dapat dilakukan usaha pencegahan agar gigi anak tidak maloklusi. atau bisa juga dilakukan rencana pemasangan kawat gigi di usia tertentu.

    semakin muda usia pasien ortodontik, maka tingkat keberhasilan perawatannya akan semakin baik dan proses perawatannya relatif lebih cepat.

    dental floss, biasanya ada di supermarket besar..biasanya ada di dekat counter sikat gigi rani.

    sama seperti menyikat gigi. usia yang cocok bagi anak untuk melakukan flossing, tergantung tingkat kemampuan motorik anak.

    oh iya, sekarang sudah ada dental floss yang bergagang sehigga lebih mudah dipakai. namun, yang jual kayaknya masih jarang rani.

    BalasHapus
  4. hwaaaaaaaaaa....
    lucu banget..gw pengen bracket yang bintang2...
    baru tau kalo bracket ada berbagai macam bentuk...
    nice post!

    BalasHapus
  5. omigot..lucu-lucu banget...
    kira2 harganya berapaan sih dok??

    BalasHapus
  6. GigiSehatBadanSehat13 Agustus 2009 14.43

    wah, kalo harga bisa beda2 di tiap dokter...coba saja tanyakan langsung ke dokternya yach...

    BalasHapus
  7. oh ada ya?? jadi lucu kawat gigi nya...

    BalasHapus
  8. wahhh.......... aku mau beli bracket yg bunga2 yg transparan di atas...ntar dokter gigiku yg ku suruh pasang....... brp harganya???

    BalasHapus
  9. GigiSehatBadanSehat26 November 2009 11.46

    hmm, kalo ga salah harganya sekitar 100 atau 200ribuan...saya juga lupa. coba aja tanya dokter giginya ya...

    BalasHapus
  10. GigiSehatBadanSehat26 November 2009 11.47

    o iya, kalo yg bunga-bunga kayaknya lom ada deh yg transparan...masih terbuat dari logam...

    BalasHapus
  11. mau donk pasang kawat kayak beginian...lucu

    BalasHapus
  12. bracketnya ada yg gambar kartun ga? kayaknya lucu bgt kl ada gambar kartunya disela2 senyumnya....

    BalasHapus
  13. GigiSehatBadanSehat16 Februari 2010 21.31

    kalo bracket itu yang logamnya. gak bisa logamnya digambar-gambar. paling bentuknya aja yg divariasiin. ada bentuk bunga, mickey mouse, bintang, dll. seperti gambar di atas.

    nah, kalo yang ada gambar kartun dan huruf-huruf itu cuma aksesoris aja yang bisa dilepas pasang.

    BalasHapus
  14. dok apakah gigi yang di kawat tidak menimbulkan bau mulut? karena dalam minggu ini saya akan memasang kawat gigi

    makasih dok....

    BalasHapus
  15. GigiSehatBadanSehat26 Februari 2010 10.23

    @nova:
    kawat gigi akan mempermudah terjadinya penimbunan plak. nah, gigi yang dikawat bisa saja menimbulkan bau mulut kalau gigi dan kawatnya tidak disikat dengan baik.

    untuk menghindarinya, sikat giginya harus rutin dan benar caranya.

    coba setelah dipasang kawat gigi, nova minta ke dokter yang memasangnya supaya diajarkan cara menjaga kebersihan mulut nova. karena cara menyikat gigi berkawat dengan yang tidak, agak sedikit berbeda. dan terkadang diperlukan alat bantu khusus untuk membersihkannya.

    coba nova buka artikel ini:
    http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2010/01/cara-menyikat-gigi-berkawat.html

    BalasHapus
  16. Dok,, untuk masalah penarikan bracket sendiri bagus yg composit,ceramic atau metal?

    BalasHapus
  17. GigiSehatBadanSehat19 Maret 2010 19.26

    @anonim:

    maksudnya pemilihan bracket? dari segi fungsi saya rasa sama saja. tergantung dari jenis bracket yang dipakai, apakah bracket tersebut menggunakan metode edgewise, roth, atau damon, dan lain sebagainya...

    perbedaan jenis bahan bracket berpengaruh terhadap estetik maupun keawetan dari bracket.

    bracket yang terbuat dari plastik ataupun keramik, dari segi estetik tentu terlihat jauh baik daripada bracket yang terbuat dari logam. namun, harganya relatif jauh lebih mahal dan tidak tahan lama sehingga perlu diganti beberapa kali dengan yang baru selama perawatan.

    bracket yang terbuat dari plastik, mudah mengalami pengikisan. sehingga dalam beberapa bulan mungkin wing bracket akan mengecil dan tidak dapat dipasangkan rubber elastik. bracket pun harus diganti lagi dengan yang baru.

    begitu pula dengan bracket keramik. bahan keramik sendiri memang sangat kuat. namun, sebenarnya dapat pula mengalami pengikisan. bedanya dengan bracket plastik, wing bracket keramik tidak mengecil namun menjadi tajam. sehingga, walaupun bisa dipasangkan rubber elastik, elastik tersebut akan mudah putus karena wing bracket yang tajam.

    sementara itu, bracket yang terbuat dari logam memang secara estetik tidak sebaik bracket plastik maupun keramik. namun, bracket logam jauh lebih tahan lama sampai perawatan ortodontik selesai dilakukan. harganya pun jauh lebih terjangkau.

    oleh karena itu, dokter gigi sebaiknya perlu menjelaskan hal ini kepada pasien mengenai kelebihan maupun kekurangan dari masing2 jenis bahan bracket.

    apabila pasien lebih mengutamakan estetik, maka dokter gigi dapat menganjurkan penggunaan bracket keramik atau plastik. dan perlu diberitahukan terlebih dahulu kepada pasien, bahwa sampai perawatan ortodontik selesai dilakukan, mungkin perlu beberapa kali dilakukan penggantian bracket. sehingga total biaya akan jauh lebih mahal dibandingkan bracket logam.

    dari penjelasan saya di atas, secara ringkas dapat disimpulkan sebagai berikut:

    bracket plastik atau keramik:
    - perlu beberapa set bracket sampai perawatan selesai.
    - harga satu set bracket relatif lebih mahal dibandingkan bracket logam.
    - estetik baik.

    bracket logam:
    - biasanya hanya perlu satu set btacket sampai perawatan selesai.
    - harga satu set nya relatif lebih murah dibandingkan bracket plastik atau keramik.
    - bahan logam mungkin berpengaruh terhadap estetik.

    demikian, mudah2an dapat membantu.
    salam sehat!

    BalasHapus
  18. biasanya bwt biaya pemasangannya brp y dok klo ud pny braketnya?

    BalasHapus
  19. GigiSehatBadanSehat12 Mei 2010 06.37

    @cecil:
    wah, kalo masalah biaya silahkan tnya lgs aja ke dokter yang akan merawat. karena tiap dokter akan berbeda2 biayanya...

    BalasHapus
  20. hmmm, dok apa braketnya harus selalu di ganti

    BalasHapus
  21. GigiSehatBadanSehat12 Mei 2010 16.09

    @anjel:
    bracket tidak akan diganti, kecuali lepas atau hilang. yang akan mengalami penggantian biasanya kawat dan karetnya...

    BalasHapus
  22. bisa bantu infonya
    waktu pencabutan gigi sebelum pasang behel, ternyata gigi tidak bisa di tarik, dan dokter rujuk ke dokter bedah..
    setelah di dokter bedah, dokter itu bilang gak perlu dibedah hanya di cabut saja, ngera dan sedikir lama
    prose pengeboran gigi juga di lakukan dan akirnya gigi bisa tercabut, namun gusi saya sedikit membengkak, dan kadang sakit berdenyut-2, apalaki setelah makan.
    dah 3 hari kondisi suka sakit berdenyut-2 pada gusi yang gigi tercabut itu...
    apakah ini karena luka bekas suntik (*disuntik beberapa kali karena saya masih merasakan sakit pada saat di cabut)?
    ataukah luka karena lubang gigi tersebut....??
    saya takut terjadi efek yang merugikan saya...

    mohon infonya, trima kasih
    -dian-(tatiana.dian@yahoo.com)

    BalasHapus
  23. GigiSehatBadanSehat17 Mei 2010 17.49

    @dian:
    yang dian alami sebenarnya merupakan komplikasi yang cukup umum terjadi setelah pencabutan gigi. biasanya dokter akan membekalkan obat2an pengurang rasa sakit, antibiotik dan anti peradangan untuk menghindari hal-hal ini sebisa mungkin. namun, reaksi dari tiap orang bisa saja berbeda2. ada yang sudah tidak sakit lagi, ada yang bekas lukanya masih sakit.

    apabila dian merasa benar2 sangat terganggu atau tidak tahan dengan kondisi sekarang, segeralah hubungi dokter yang mencabut dan ceritakan masalah yang dian alami ini untuk mendapatkan penganganan lebih lanjut.

    salam :)

    BalasHapus
  24. pemasangan bracket itu berbeda2 ya, dok? kakak saya kok dilangit mulutnya ada semacam kawat juga, sedangkan saya tidak ada. apa mungkin tergantung kasus?

    BalasHapus
  25. GigiSehatBadanSehat28 Juli 2010 21.12

    @valyard76:
    yup...betul, tergantung kasus...hebat, kok tau? :)

    BalasHapus
  26. nanya lagi ya dok...
    kakak saya kasusnya Bimaksiler Prostrusif, sedangkan saya open bite. kakak saya sudah memakai behel selama 7 tahun dan sudah rapi giginya (ketika memakai behel berumur 31th). apakah pemakaian behel saya akan selama itu juga? umur saya skrg 34th..., thanks dok...:)

    BalasHapus
  27. GigiSehatBadanSehat2 Agustus 2010 20.21

    @valyard76:
    rata2...kalo kasus open bite bisa agak lebih lama. asal rajin kontrol aja ya..jangan suka bolos kontrol! bisa saja lebih cepat dari kakak kalo kontrolnya rajin.. :)

    BalasHapus
  28. lucunya..pengen yang bracket bintang...

    BalasHapus
  29. kalo saya mau yang lope lope donk...:P

    BalasHapus
  30. dok, temenku pake behel dah 3,5 bln. tapi...temenku merasa kok giginya malah makin maju beberapa mili ya? kok bisa gitu siihh? dah gitu dentistnya gag asik deh..., masa ketika kontrol seringnya ditangani sama asistentnya gitu! makanya temenku pengen pindah kontrol ke dentist lain. kira2 bisa gag ya?

    BalasHapus
  31. GigiSehatBadanSehat18 Oktober 2010 03.32

    @noey irfan:
    bisa saja terjadi. tentunya yang lebih kompeten untuk menjawabnya adalah dokter yang merawatnya. silahkan tanyakan ke dokter yang merawat dan mintalah dijelaskan mengenai rencana perawatan yang akan dilakukan selanjutnya.

    untuk pindah ke dokter gigi lain, itu sepenuhnya hak pasien. pasien memiliki hak untuk menolak melanjutkan perawatan dan berpindah ke dokter gigi lain.

    salam :)

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama