Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 21 Mei 2009

Jahe Untuk Pasien Kemoterapi Kanker

jahe gingerSebagian besar pasien kanker yang menjalani kemoterapi mengalami rasa mual dan muntah-muntah. Bahkan rasa mual dapat menetap walaupun efek muntahnya sudah berhenti. Sekitar 70% pasien kemoterapi juga masih merasakan gejala ini walaupun sudah mengkonsumsi obat-obatan anti mual dan anti muntah.


Penelitian yang dilakukan di Amerika mengungkapkan bahwa kemampuan jahe (dengan dosis tertentu) untuk mengurangi rasa mual ternyata dapat menolong pasien kanker yang sedang menjalani perawatan kemoterapi.

Jahe dengan dosis harian 0,5 sampai 1 gram (kira-kira setara dengan ¼ atau ½ sendok teh) secara signifikan dapat mengurangi rasa mual yang ditimbulkan akibat perawatan kemoterapi. Dan dengan mengurangi efek mual akibat kemoterapi, kita juga sekaligus dapat meningkatkan kualitas hidup dari pasien penderita kanker. Begitulah kira-kira yang dikatakan oleh Julie Ryan asisten profesor dari bagian kulit dan radiasi onkologi di James P. Wilmot Cancer Center, University of Rochester.

Penelitian ini dilakukan terhadap 644 pasien kanker yang telah mengalami rasa mual setelah kemoterapi. Mereka masih harus menjalani paling tidak 3 putaran kemoterapi lagi.

Partisipan diacak dan dibagi menjadi 3 kelompok; kelompok suplemen jahe 0,5 gram, 1 gram, 1,5 gram, dan kelompok placebo. Suplemen jahe dan placebo ini diberikan selama 3 hari sebelum mereka memulai perawatan kemoterapi dan 3 hari sesudah untuk 2 putaran kemoterapi berikutnya. Mereka semua juga diberikan obat antimual pada hari pertama perawatan.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa semua dosis suplemen jahe memang dapat mengurangi rasa mual. Namun, penurunan rasa mual paling besar dialami oleh kelompok yang mengkonsumsi suplemen jahe 0,5 dan 1 gram, yaitu sekitar 40% penurunan rasa mual. Efek ini cenderung berkurang setelah 24 jam berikutnya.

Peneliti menambahkan, masih belum jelas apakah efek yang sama bisa didapatkan dari produk-produk yang mengandung jahe seperti teh, kue jahe, ataupun sushi.

Hasil penelitian ini rencananya akan dipresentasikan akhir bulan Mei ini pada kesempatan pertemuan tahunan American Society of Clinical Oncology (ASCO) yang akan diadakan di Florida.

Ginger Eases Nausea From Chemo




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

6 komentar:

  1. wah...pengobatan tradisional kadang bisa lebih efektif drpd yang modern ya...

    BalasHapus
  2. gak selamanya kesehatan mutlak diperoleh dengan obat-obatan modern...ternyata "resep tradisional" kayak gini malah lebih efektif ketimbang obat2an modern...

    nice info!

    BalasHapus
  3. blognya kerennnn..
    sangat membantu sekali
    salam kenal mas

    BalasHapus
  4. blognya sangat menarik...
    tampilannya juga oke....
    salam kenal yah...
    kunjungi juga blog saya...
    thanks...
    no hp saya..
    08988830130
    jika ingin mendapat sms" yang keren" gratis..
    oke...

    BalasHapus
  5. GigiSehatBadanSehat23 Mei 2009 18.22

    halo semua, makasi ya kehadirannya...
    salam sehat buat semuanya!!

    BalasHapus
  6. Jahe bisa juga untuk obat masuk angin.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama