Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 13 Mei 2009

Akupuntur Asli Maupun Akupuntur Modifikasi Sama Hasilnya

acupuncture back acheSebuah penelitian di Amerika memperlihatkan bahwa baik akupuntur yang asli menggunakan jarum maupun akupuntur modifikasi ternyata memberikan hasil yang tidak jauh berbeda dalam mengobati sakit punggung.


Terapi akupuntur ternyata dapat meredakan sakit punggung lebih baik dibandingkan hanya dengan perawatan medis standar saja. Dan hasilnya pun tidak jauh berbeda antara akupuntur yang menggunakan jarum maupun akupuntur modifikasi yang menggunakan tusuk gigi.

Dr. Daniel Cherkin, pemimpin dari penelitian ini, mengatakan bahwa penelitian mereka memperlihatkan bahwa Anda tidak perlu menusukkan jarum untuk mendapatkan efek dari akupuntur.

Dan sebenarnya, secara historis beberapa tipe akupuntur juga ada yang tidak perlu menusukkan jarum ke dalam kulit sebagai metode terapinya, tambah Karen Sherman, anggota tim penelitinya.

Hasil penelitian yang mereka lakukan memperlihatkan bahwa 60% dari pasien penderita sakit punggung yang melakukan terapi akupuntur melaporkan penyembuhan yang signifikan dibandingkan dengan pasien yang hanya melakukan perawatan medis saja, baik dengan terapi fisik maupun obat-obatan.

Selain itu, penyembuhan antara pasien yang melakukan terapi akupuntur menggunakan jarum dengan yang menggunakan tusuk gigi tidak memperlihatkan perbedaan yang signifikan dalam penyembuhannya.

Dengan begitu, akupuntur kini bisa menjadi pengobatan alternatif yang tidak menyakitkan dan relatif aman, khususnya apabila pengobatan medis saja tidak berhasil. Dan tentunya, penggunaan tusuk gigi sebagai metode akupuntur juga dapat menurunkan biaya terapinya.


Acupuncture, real or fake, helps aching back: study





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. saya kadang menggunakan akupunktur,,,
    sebab saya tidak suka mengkonsumsi obat2an kimia

    BalasHapus
  2. iya betul, kadang pengobatan alternatif bisa lebih baik dari pengobatan kimia ya..

    BalasHapus
  3. wah..bgus dnk kalo gtu...
    kalo mau akupuntur bisa lebih murah..pake tusuk gigi aja...bisa bawa sendiri kalo gitu dari rumah...
    tinggal minta tusukin ama tukang akupunturnya

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama