Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 30 April 2009

Apakah Masker Dapat Melindungi Warga Meksiko Dari Penularan Flu Babi?

swine flu - masksSaat ini hampir semua orang di kota Meksiko mengenakan masker untuk melindungi diri mereka dari penularan flu babi. Efektifkah penggunaan masker dalam menangkal serangan virus ini?


Para tentara di Meksiko membagi-bagikan benda ini di stasiun subway, farmasi dan berbagai toko selalu kehabisan stok, koran-koran juga telah membuat instruksi bagaimana membuat masker sendiri, bahkan presiden Felipe Calderon dengan bangga mengumumkan bahwa sudah 6 juta masker disebarkan ke seluruh Meksiko.

Sementara Meksiko menyediakan jutaan penutup mulut bagi warganya, pemerintah Amerika Serikat justru mengatakan bahwa hanya sedikit bukti yang memperlihatkan keefektifan dari penggunaan masker.

Beberapa dokter malah ada yang memperingatkan bahwa penggunaan masker mungkin bisa membahayakan. Masker bisa membuat orang berani mengambil resiko seperti berani berada di kerumunan orang banyak ataupun menjadi malas untuk mencuci tangan mereka, karena mereka percaya bahwa masker telah melindungi diri mereka.

Centers for Disease Control and Prevention milik Amerika Serikat mengatakan tidak ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa masker cukup efektif, dan mereka juga tidak merekomendasikan penggunaannya bagi publik. Menurut mereka cara penularan flu babi sama seperti penularan flu musiman, diantaranya dengan menyentuh benda-benda yang terkontaminasi virus lalu memindahkannya ke hidung atau mulut, ataupun melalui batuk dan bersin.

Para ahli mengatakan, orang-orang yang berkontak dekat dengan pasien flu babi seharusnya mengenakan masker high filtration seperti yang dikenakan oleh tenaga kesehatan profesional. Masker ini lebih efektif, namun juga lebih mahal (sekitar 12 peso atau 1 dollar). Sayangnya, masker seperti ini jarang dijumpai di Meksiko.


Mexicans put faith in masks — but do they work?



Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.


Kembali ke halaman utama

8 komentar:

  1. pake masker aja tidak menjamin udah bebas dari virus tsb.....
    pak tukeran link dnk....

    BalasHapus
  2. mungkin dengan menyuntikkan zat antibodi lagi, baru bisa terhindar dari flu babi....
    babinya dikasi panadol aja supaya cepat hilang flunya,,......:D

    BalasHapus
  3. @rental mobil: oke, link nya sudah kami pasang di sini: http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2008/11/links.html

    @pasang iklan baris: hehee...pertahanan tubuh terhadap virus bisa didapatkan dari vaksinasi. sampai saat ini katanya vaksin untuk flu babi belum ditemukan. terakhir saya baca, pihak peneliti di amerika sedang berusaha untuk membuatnya, dan mungkin membutuhkan waktu sekitar 4-6 bulan dari sekarang,

    BalasHapus
  4. mudah2an vaksinnya bisa cepet ketemu ya...

    BalasHapus
  5. huahaa...maskernya ampe dicorat-coret gituh..
    iseng banget yach..

    BalasHapus
  6. Entah kenapa yah, aku ngerasa virus ini jauh lebih berbahaya dari virus flu burung, belakangan aku rajin cuci muka, cuci tangan, dan kemana mana suka bawa tisu basah and kering.

    BalasHapus
  7. setuju ama keyno,
    kok kayaknya virus ini terus menyebar yach...kalo kayak gini, bisa aja ada kemungkinan masuk indonesia kali ya??

    BalasHapus
  8. Mudah-mudahan nggak smpai msk indonesia.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama