Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 03 Maret 2009

Teknik Menyikat Gigi Yang Dianjurkan Para Ahli (Disertai Video)

brushing teeth menyikat gigiApabila Anda mencari tentang teknik menyikat gigi yang benar di internet, Anda mungkin akan menemukan banyak penemuan mengenai hal ini. Ada satu teknik menyikat gigi yang banyak dianjurkan oleh para ahli karena dinilai cukup efektif dalam membersihkan plak gigi, yaitu teknik modifikasi Bass.


Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan teknik modifikasi Bass:
  • Pegang sikat gigi secara horisontal dan letakkan kepala sikat gigi pada permukaan gigi, lebih tepatnya di tepi gusi (batas gigi dengan gusi), karena disinilah banyak plak menumpuk.
  • gambar saku gusi yang sedang dibersihkan dengan perawatan skelingMiringkan kepala sikat gigi kira-kira sebesar 45 derajat menghadap permukaan gigi. Tujuannya agar bulu sikat dapat masuk ke celah antara gigi dengan gusi yang disebut saku gusi, dan membersihkan plak yang ada di dalamnya. Di sebelah ini adalah gambar saku gusi.
  • Gerakan sikat secara horisontal dengan jarak yang sangat pendek atau kecil seperti suatu getaran dan dengan tekanan yang lembut.
  • Sikatlah dengan gerakan sebanyak 10-20 kali gosokan baru berpindah ke gigi-gigi di sebelahnya.

Gerakan sikat dalam modifikasi Bass memang dilakukan secara horisontal. Namun, Anda juga dapat menggantinya dengan gerakan melingkar dengan sudut dan letak bulu sikat yang sama.

Bagian yang kita fokuskan memang bagian tepi gusi, karena banyak plak menumpuk di daerah ini. Bagian mahkota yang belum tersikat, dapat Anda bersihkan dengan berbagai gerakan misalnya, gerakan melingkar atau vertikal dengan cara menarik bulu sikat dari gusi ke arah mahkota.

Bersihkan semua bagian gigi Anda dengan langkah sebagai berikut:

1. Bersihkan permukaan gigi bagian luar yang menghadap ke bibir dan pipi dengan menggunakan teknik modifikasi Bass. Mulai pada rahang atas terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan yang rahang bawah.

brushing teeth









2. Bersihkan permukaan kunyah gigi pada lengkung gigi sebelah kanan dan kiri dengan gerakan maju mundur, atau mungkin boleh juga dengan sedikit diputar sebanyak 10-20 kali gosokan juga. Lakukan pada rahang atas terlebih dulu lalu dilanjutkan dengan rahang bawah. Bulu sikat gigi diletakkan tegak lurus menghadap permukaan kunyah gigi.

brushing teeth









3. Bersihkan permukaan dalam gigi yang menghadap ke lidah dan langit-langit dengan menggunakan teknik modifikasi Bass untuk lengkung gigi sebelah kanan dan kiri. Untuk lengkung gigi bagian depan dapat Anda bersihkan dengan cara memegang sikat gigi secara vertikal menghadap ke depan. Lalu gunakan ujung sikat dengan gerakan menarik dari gusi ke arah mahkota gigi. Lakukanlah pada rahang atas terlebih dulu dan dilanjutkan dengan rahang bawah.

brushing teethbrushing teeth









4. Terakhir, sikat pula permukaan lidah untuk membersihkan bakteri yang berada di permukaan lidah. Permukaan lidah yang kasar dan berpapil membuat bakteri mudah menempel di sana. Selain dengan sikat gigi, Anda juga bisa membersihkan lidah menggunakan sikat lidah. Lidah yang bersih juga akan membuat mulut Anda terasa lebih segar.

brushing teeth









Saya mencoba mencari video mengenai cara menyikat gigi di youtube dan menemukan video ini. Sayangnya video tersebut tidak bisa di pasang di posting ini, sehingga Anda harus membuka sendiri link videonya di sini: Video Cara Menyikat Gigi. Mudah-mudahan Anda bisa lebih mengerti mengenai cara menyikat gigi yang benar.

Artikel sebelumnya sudah saya paparkan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyikat gigi.




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Dukung selalu Gigi Sehat Badan Sehat di setiap kunjungan Anda:

100 Blog Indonesia Terbaik
100 Blog Indonesia Terbaik

My site was nominated for Best Foreign Language Blog!

Kembali ke halaman utama

7 komentar:

  1. gosok teruuuusszz...

    BalasHapus
  2. wah..mesti dicoba nih...
    kayaknya gak terlalu susah

    BalasHapus
  3. gmn klo ditulis jg referensinya?hehe...

    BalasHapus
  4. GigiSehatBadanSehat4 Januari 2010 11.42

    @anonim:
    iya, maaf..biasanya kami selalu mencantumkan referensi di setiap artikel...
    kalo yang ini referensinya banyak dan dari mana2...mungkin kami bisa sebutkan salah satunya dari buku carranza yang berisi tentang periodontologi...dari situ, juga kami modifikasi dari sumber2 lain.

    trima kasih ya...

    BalasHapus
  5. wah...trims penjelasannya!!

    BalasHapus
  6. boleh nanya gak ???referensi lengkapnya donk . . .saya kesulitan nyari soalna. . .heheh . . .bos tau gak makanan kariogenik itu di bahas secara lengkap d buku apa ???klo tau tolong krim pesan ke fb saya ya . . . .zongshen_b4461uz@yahoo.co.id
    email saya jarng di buka soalna . . .terima kasih . . .mohon bantuannya ya mas gilang . . .saya bli buku "serba serbi kesehatan gigi dan mulut" looo .hehe

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama